TNI Sebut Pemutaran Film G 30 S PKI Sebagai Pembelajaran bagi Generasi Muda

ADAKITANEWS, Blitar – Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan, pemutaran film G 30 S PKI bertujuan untuk menyebarluaskan fakta-fakta dan nilai sejarah pada generasi muda. Menurutnya, meski terjadi penolakan dari beberapa pihak mengenai pemutaran film ini, pihaknya tidak mempermasalahkannya. Karena yang berhak melarang hanya pemerintah.

“Biarkan saja menolak. Karena Mendagri sendiri kan sudah mempersilakan untuk memutarnya. Kalau meluruskan sejarah tidak boleh, mau jadi apa bangsa ini. Bung Karno kan juga sudah mengatakan jangan lupa jas merah, artinya kan jangan lupakan sejarah jasa-jasa pahlawan,” ungkapnya pasca ziarah ke Makam Bung Karno, Senin (18/09).

Meski banyak pihak menyatakan film ini masih berpolemik, Gatot mengaku tidak memikirkan film itu berpolemik atau tidak. Tetapi tujuannya hanya mengingatkan sekaligus pembelajaran sejarah bagi generasi muda.

“Biarkan saja polemik. Kita kan tidak berpolemik. Hanya mengingatkan fakta sejarah kepada generasi muda kita,” tegasnya.

Gatot menegaskan, pemutaran film ini juga sebagai peringatan kepada seluruh anak bangsa jangan sampai sejarah hitam ini terulang kembali di Bumi Pertiwi. Ia pun tidak mempermasalahkan orang mengansumsikan pemutaran film ini. Tapi memang saat itu korban banyak sekali dan pihaknya perlu mengingatkan kembali jangan sampai terulang.

“Dengan menyaksikan film ini jangan terprovokasi dan terpengaruh apapun juga. Tetapi mari kita merekatkan persatuan dan kesatuan supaya tidak terulang kembali peristiwa yang menyedihkan ini,” jelas Panglima TNI.(fat/wir)

Keterangan gambar: Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Panglima TNI.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment