Tarif Tol Jombang – Mojokerto Sudah Diberlakukan, Termahal Rp 138 Ribu

ADAKITANEWS, Jombang – Tarif jalan tol Jombang – Mojokerto mulai diberlakukan sejak Selasa (26/09) pukul 00.00 WIB. Ini menyusul sudah turunnya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 720/KPTS/M/2017 tentang Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol sepanjang 40,5 kilometer tersebut.

Besaran tarif yang diberlakukan di tol tersebut bervariasi, tergantung dari gerbang masuknya pengendara, tujuannya, serta jenis atau golongan kendaraan yang melintas. Dari total rincian tarif tersebut, paling murah adalah sebesar Rp 6 ribu untuk kendaraan golongan I, dan yang termahal mencapai Rp 138 ribu untuk kendaraan golongan V.

“Tarif disesuaikan dengan golongan kendaraan dan setiap golongan tarifnya bervariasi. Pemberlakuan tarif tersebut mulai hari ini, 26 September 2017 pukul 00.00 WIB,” ungkap Humas PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Dela Rosita melalui pesan selulernya.

Dela Rosita menjelaskan bahwa sebagai salah satu proyek strategis nasional dan bagian dari Tol Trans Jawa, ruas jalan tol ini diharapkan dapat menjadi jalur alternatif untuk mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik.

“Seperti di bypass Mojokerto (simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten), serta pertigaan Mengkreng atau simpang tiga Bangjuri yang merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Jombang, Nganjuk, Kediri),” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, pengoperasian jalan tol Jombang – Mojokerto telah dilakukan secara bertahap. Seksi 1 sepanjang 14,7 kilometer beroperasi pada Oktober 2014, menyusul seksi 3 sepanjang 5 kilometer yang beroperasi pada November 2016, seksi 2 sepanjang 19,9 kilometer akan beroperasi pada 26 September 2017, dan seksi 4 sepanjang 0,9 kilometer akan beroperasi bersamaan dengan beroperasinya ruas Ngawi-Kertosono.(jb5)

Keterangan gambar: Kondisi gerbang tol Jombang-Mojokerto.(foto:leo anwar)

Related posts

Leave a Comment