Kunjungi Pasar Ngemplak, Jokowi Sempatkan Belanja dan Foto Bersama Warga

ADAKITANEWS, Tulungagung – Mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Tulungagung, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Grosir Ngemplak Kabupaten Tulungagung, Jumat (04/01) pagi.

Kunjungan Jokowi ke Pasar Grosir tersebut adalah untuk memantau perkembangan secara langsung harga kebutuhan pokok. Presiden mendatangi sejumlah kios di pasar dan berdialog dengan sejumlah pedagang, salah satunya kios pedagang beras dan daging ayam.

Yang pertama kali ditanyakan Jokowi kepada pedagang adalah harga beras. Menurutnya, harga beras merupakan salah satu faktor penting terhadap pengaruh inflasi.

“Saya pertama cek harga beras. Karena ini yang mempengaruhi terhadap perubahan inflansi,” kata Jokowi dalam keterangannya di depan wartawan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi sepanjang 2018 tercatat 3,13 persen. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi periode 2017 yang tercatat sebesar 3,61 persen.

“Inflansi rendah atau turun, artinya harga juga ikut turun. Jangan diartikan yang lain–lain, itu sudah rumus,” tandas Jokowi.

Dalam tinjauannya, Presiden Jokowi menyatakan bahwa kondisi beras masih aman, baik harga maupun stoknya. “Harga beras per kilonya Rp 8.500. Kebanyakan yang dibutuhkan beras medium. Stoknya insyaallah aman, tidak ada masalah,” ujarnya.

Terkait harga daging ayam potong, Jokowi juga memantau ada kenaikan sebesar Rp 1.000 per kilogramnya. “Harga daging ayam ada kenaikan. Dari Rp 31 ribu menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Atau naik Rp 1.000,” terang Jokowi.

Meski kenaikannya hanya Rp 1.000, hal tersebut tetap mendapat perhatiannya. “Kenaikan harga daging ayam perlu dipastikan apakah karena pasokan pakan ternak yang mempengaruhi harga atau yang lainya,” lanjut Jojowi.

Presiden tiba di lokasi Pasar Ngemplak sekitar pukul 07.45 WIB. Kedatangan Jokowi dan rombongan disambut oleh ratusan pedagang maupun pembeli, yang sudah menunggu kedatangan orang nomor 1 di Indonesia ini. Mereka berdesakan untuk dapat melihat lebih dekat dan bersalaman dengan Presiden Jokowi.

Selain berbincang dan berswafoto dengan warga, Presiden juga menyempatkan diri membeli beras dan daging ayam.

Sukri, salah satu pedagang menyatakan kegembiraannya karena kios daging ayam miliknya didatangi Jokowi. Bahkan Jokowi sempat belanja di kiosnya.

“Alhamdulillah Pak Jokowi belanja disini. Tadi beli daging ayam 5 kilogram. Tapi diberi uang Rp 250 ribu. Padahal harga perkilogramnya Rp 32 ribu,” ujar Sukri bangga.

Usai dari Pasar Ngemplak, Presiden melanjutkan kegiatannya di STIKIP PGRI Tulungagung untuk meresmikan sejumlah proyek.(bac)

Keterangan gambar : Presiden Jokowi saat mendatangi salah satu kios di Pasar Grosir Ngemplak Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment