Sejak Awal Tahun, Sudah Ada 73 Kasus DBD di Nganjuk

ADAKITANEWS, Nganjuk – Sejak awal tahun 2019, di Kabupaten Nganjuk sudah ada 73 orang yang positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan 7 orang penderita Dengue Shock Syndrome (DSS).

Kasi Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, Syaifulloh menyampaikan, 73 temuan kasus DBD dan 7 orang DSS tersebut tersebar di 16 Kecamatan dari 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk. “Kasus ini meningkat 1 setengah kali dari bulan Januari 2018 lalu yang berjumlah 50 kasus DBD,” kata Syaifulloh, Selasa (29/01).

Syaifulloh mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk sejak bulan Desember sudah mengimbau kepada seluruh desa-desa untuk melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk, yang ditindak lanjuti oleh pelayanan kesehatan.

“Kita mengimbau seluruh pelayanan kesehatan, mengingat pada musim hujan biasanya terjadi peningkatan kasus DBD. Sehingga kami siapkan, untuk seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, harus siap- iap untuk menangani beberapa kasus DBD, hingga bisa terselamatkan apabila ada kasus DBD,” jelasnya

Ia mengatakan, untuk kegiatan fogging ke rumah-rumah warga juga sudah mereka melaksanakan saat ada yang teridentikasi terkena DBD. Rumah sakit dan pelayanan kesehatan, juga wajib melaporkan 1 x 24 jam ke Dinas Kesehatan. “Sehingga kita bisa menindak lanjuti dengan kegiatan fogging,” ujarnya.

Meski sudah ada temuan kasus penderita DBD dan DSS, Kabupaten Nganjuk belum bisa dikaterorikan sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa). Syaifullah mengatakan, bahwa KLB secara formal diberikan dari Kemenkes RI jika sudah ada temuan sejumlah tiga kali lipat dari kasus DBD sebelumnya, dalam periode yang sama.

“Alhamdulillah hingga saat ini kasus DBD belum ada yang meninggal dunia. Pelayanan kesehatan sudah melayani kesahatan secara maksimal, sehingga kasus- kasus DBD bisa terselamatkan,” pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Kasi Bidang Pencegah Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Nganjuk, Syaifulloh saat memaparkan kasus DBD.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment