Pekan Depan, Ribuan Anak di Blitar Akan Diimunisasi Difteri Putaran Kedua

ADAKITANEWS, Blitar – Awal tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah melakukan imunisasi difteri atau Outbreak Response Immunization (ORI) putaran pertama kepada sekitar 300 ribu anak.

Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Hendro Subagyo menyampaikan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan pelaksanaan imunisasi difteri putaran kedua yang rencananya akan mulai dilakukan pada pekan depan, yakni 9 Juli 2018.

“Untuk di bulan Juli ini sasaran yang akan menerima imunisasi difteri Putaran kedua ini adalah anak-anak usia 1 hingga 6 tahun atau anak-anak mulai dari Paud sampai dengan TK,” kata Hendro, Sabtu (07/07).

Lebih lanjut Hendro menjelaskan, imunisasi difteri ini akan diberikan di masing-masing puskesmas yang ada di desa dan kecamatan yang sebelumnya telah ditunjuk. Selain itu, karena saat ini masih musim libur sekolah, sehingga imunisasi difteri didahulukan kepada anak-anak batita dan balita.

“Kalau untuk anak-anak tingkat SD, SMP, hingga SMA kemungkinan akan dilakukan pada akhir Juli sampai dengan Agustus nanti,” ujarnya.

Hendro menambahkan, sebelumnya tenaga kesehatan yang ada di masing-masing desa dan kecamatan sudah diberikan sosialisasi terkait dengan teknis pelaksanaan imunisasi difteri putaran kedua. Sehingga diharapkan pelaksanaannya tidak ada kendala.(fat/wir)

Keterangan gambar: Hendro Subagyo, Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment