Pasien Sudah Pulangpun Dikunjungi Tim Rumah Sakit

ADAKITANEWS, Tulungagung – Komitmen totalitas dalam pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung, bukan hanya diatas kertas. Namun dibuktikan secara nyata, salah satunya adalah melalui kegiatan Home Visite.

Home visite ini adalah kunjungan kepada pasien paska menjalani perawatan di RSUD dr Iskak Tulungagung. Menurut Mohammad Rifai, Humas RSUD dr Iskak Tulungagung, bahwa kegiatan home visite merupakan salah satu bentuk empati terhadap pasien.

“Home Visite ini merupakan kunjungan petugas tim Promo Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) ke rumah pasien, untuk mengetahui dan memberikan edukasi apa yang harus dilakukan ketika pasien itu di rumah,” ujar Mohammad Rifai, Senin (04/03).

Lanjutnya, RSUD dr Iskak selalu meningkatkan pelayanan rumah sakit. Selain melakukan fungsi pengobatan di rumah sakit. Pihaknya juga menjalin rasa kekeluargaan dengan pasien melalui home visite. Khususnya terhadap pasien dengan kasus – kasus tertentu, ketika pasien sepulang dari rumah sakit.

Rencana kedepan kegiatan home visite ini akan dikembangkan dalam home care, yaitu perawatan di rumah pasien. “Rencana mendatang akan kita kembangkan menjadi home care. Untuk kegiatan home visite ini kita laksanakan satu minggu satu kali. Sedangkan sasarannya adalah pasien dengan kasus penyakit tertentu. Khususnya pasien yang kurang mampu berada di pinggir kota, yang jauh dari jangkauan pelayanan kesehatan. Kunjungannya dilakukan secara bergantian,” tambahnya.

Salah satu keluarga yang mendapatkan kunjungan adalah Istadi di Desa Bendiljati Wetan Kecamatan Sumbergempol. Istiadi adalah orang tua dari Muhammad Nurzaky yang menderita thalasemia, penyakit kelainan pada darah. Dimana protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal.

Sebagian besar penyakit ini sisebabkan faktor genetika. Istiadi pun mengaku tidak menyangka mendapat kunjungan dari tim RSUD dr Iskak. “Saya keget bercampur senang, pihak rumah sakit datang menanyakan kondisi anak saya. Baru kali ini ada rumah sakit datang ke rumah pasien,” tutur Istiadi.

Seolah tak percaya pihak rumah sakit masih memberikan perhatian untuk kesembuhan Muh Nurzaky. Istiadi menceritakan, Nurzaky putranya, yang kini berusia 17 tahun ini diketahui menderita Thalasemia sejak usia 7 bulan.

Sampai saat ini, Nurzaky masih menjalani pemeriksaan di rumah sakit, melihat setiap bulan dia harus menjalani transfusi darah.(bac)

Keterangan gambar : Tim RSUD dr Iskak, saat berkunjung dan memeriksa Mohammad Nurzaky, penderita Thalasemia di rumahnya.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment