Kota Kediri Level 1, Mas Abu: Perekonomian Harus Terus Berputar

ADAKITANEWS, Kediri – Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar menyambut baik turunnya level Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk Kota Kediri. Dengan berada di level 1 ini, Pemkot mengaku akan terus menggenjot roda perekonomian di wilayahnya.

“Alhamdulillah kita sekarang berada di PPKM level 1. Pemerintah Kota Kediri akan terus menggerakkan perekonomian. Di Kota Kediri, perekonomian harus terus berputar,” kata Mas Abu sapaan akrab Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Selasa (16/11).

Meski telah menduduki level rendah penerapan PPKM, Walikota dua periode ini juga terus mengingatkan masyarakat agar tetap waspada. Penerapan protokol kesehatan harus terus dilakukan untuk mencegah terjadinya thirdwave atau gelombang ketiga covid-19 di Kota Kediri.

“Kita harus terus menjaga Kota Kediri agar terus berada di level 1. Harus terus mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Pada penerapan PPKM level 1 ini, terdapat beberapa pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas. Diharapkan dengan adanya hal itu, Pemerintah Kota Kediri dapat lebih menggenjot pergerakan perekonomian.

Sesuai dengan Inmendagri nomor 60 tahun 2021, sekolah tatap muka terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50 persen. Kecuali pada tingkat SD maksimal 62 persen hingga 100 persen dan pada tingkat PAUD maksimal 33 persen.

Kemudian, pada sektor perkantoran maksimal 75 persen, mal maksimal 100 persen hingga pukul 22.00 WIB, dan tempat ibadah maksimal 75 persen.

Selain itu, fasilitas publik juga sudah dibuka dengan maksimal kapasitas 75 persen, kegiatan seni budaya dan olahraga dapat dihadiri maksimal 75 persen kapasitas penonton, transportasi dapat beroperasi dengan kapasitas 100 persen, dan resepsi pernikahan dapat digelar dengan maksimal tamu 75 persen.(*/kur)


Keterangan gambar: Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar.(ist)

Related posts

Leave a Comment