Kejari Sidoarjo Berangkatkan Penderita Mata Katarak Untuk Dioperasi Gratis‎

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sebanyak 10 orang warga Sidoarjo penderita mata katarak, diberangkatkan oleh Kejaksaan Negeri Sidoarjo untuk mengikuti operasi katarak gratis di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Jumat (23/03).

Para peserta yang dijaring melalui Dinas Kesehatan itu, merupakan warga berusia lanjut dan berasal dari kalangan tidak mampu. Mereka datang di halaman kantor Kejari Sidoarjo didampingi keluarga sejak pukul 07.00 WIB, kemudian diantar ke Surabaya menggunakan bus.

Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Budi Handaka menjelaskan, operasi mata katarak gratis tersebut merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial Ikatan Adhyaksa Dharma Karini (IAD) Pusat Kejaksaan Agung dan IAD Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, yang rencananya akan digelar pada Sabtu (24/03) besok dan dibuka langsung oleh Ketua IAD Kejagung RI, Ros Ellyana Prasetyo.‎

“Operasi katarak gratis ini diselenggarakan oleh Ketua Ikatanan Adhyaksa Dhama (IAD) Karini Pusat (Kejagung RI) yang dilakukan di Kejati Jawa Timur. Ibu Ros Ellyana Prasetyo, Ketua IAD Kejagung RI akan membuka langsung kegiatan Operasi Katarak Gratis besok,” jelasnya.

Kajari menambahkan, sebelum dilakukan operasi katarak, para peserta diinapkan terlebih dahulu di Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk menjalani serangkaian pemeriksaan awal.‎‎

“Semoga para pasien operasi katarak gratis yang kami inapkan di asrama haji, mendapat berkah dari Allah, dan operasi besok berjalan lancar, penyakit kataraknya bisa sembuh dan kami juga mendoakan atas kehendak Allah, para pasien ini bisa menjalankan ibadah haji,” katanya.

Masih kata Kajari, ‎Korps Adhyaksa disamping mempunyai tugas dan wewenang dalam penegakan hukum‎, juga memiliki fungsi menjalankan berbagai kegiatan sosial bagi masyarakat. “Jadi ingin berbagi rasa, untuk mengurangi beban mereka, sehingga warga penderita katarak ini bisa sembuh tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dan malah mereka akan mendapat uang saku dan cenderamata dari kami. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pendekatan Kejaksaan agar masyarakat semakin sadar hukum,” tambahnya.

Sementara itu salah satu peserta operasi katarak, Sumilah, 53, warga Desa Bringin Bendo Kecamatan Taman Sidoarjo, yang menderita katarak di kedua matanya, m‎engaku senang dan bersyukur bisa menjalani operasi secara gratis.‎

“Alhamdulillah, mudah-mudahan bisa melihat lagi. Mata saya dua-duanya bukan buram lagi tapi sudah tidak kelihatan. Semoga setelah dioperasi ini nanti, bisa melihat lagi,” harap Sumilah ketika hendak naik bus dengan dituntun anak perempuannya.(sid3)

Keterangan gambar : Pasien operasi katarak gratis saat berada di kantor Kejari Sidoarjo sebelum diberangkatkan ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya.(foto: andri santoso)‎

Related posts

Leave a Comment