Golongan Darah AB di Kota Blitar Paling Minim

ADAKITANEWS, Blitar – Ketersediaan atau stok darah di unit PMI Kota Blitar masih aman untuk dua pekan kedepan. Namun demikian, hingga saat ini stok darah golongan AB merupakan yang paling minim diantara stok darah golongan lainnya.

Humas Unit Transfusi Darah PMI Kota Blitar, Kabianto mengatakan, per 27 Mei 2019 stok darah dipastikan aman. Untuk golongan darah A sebanyak 62 kantong, B 63 kantong, O 150, dan AB 15.

“Jadi paling langka selama ini memang golongan darah AB. Kita hanya punya 15 kantong saja,” kata Kabianto, Senin (27/05).

Kabianto menjelaskan, meski saat ini bulan Ramadan pihaknya tetap membuka pelayanan. Bahkan, di bulan Ramadan ini pendonor justru meningkat, dimana pada hari biasa hanya sekitar 20 – 30 pendonor, sedangkan saat ini mencapai 40 lebih perhari.

“Selama bulan Ramadan ini jumlah pendonor yang datang bisa mencapai 40 lebih perhari. Itu mungkin karena kita menyediakan bingkisan bagi mereka yang mendonor. Jadi mereka tertarik,” ujarnya.

Kabianto menambahkan, jumlah ketersediaan stok darah akan terus berubah, mengingat setiap hari ada yang membutuhkan dan ada juga yang mendonor. Pihaknya berharap masyarakat mau mendonorkan darahnya, karena juga menjadikan tubuh sehat.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu pendonor.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment