Dekatkan Pelayanan Kesehatan Bumil dengan Lala Mobile

ADAKITANEWS, Lamongan – Di masa pandemi seperti ini banyak kekhawatiran bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan Antenatal Care (ANC) Terpadu, khususnya di Kecamatan Laren. Padahal ANC Terpadu sangatlah penting bagi ibu hamil karena merupakan pelayanan terpadu dengan program lain yang memerlukan intervensi selama kehamilan.

Sehingga ibu hamil mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat dan melahirkan bayi yang sehat. Berkurangnya kunjungan ANC Terpadu ini disikapi Puskesmas Laren di Lamongan dengan membuat inovasi Layanan Laboratorium (Lala) Mobile untuk mendekatkan ANC Terpadu kepada ibu hamil.

“Jadi kunjungan ANC Terpadu ibu hamil di Puskesmas Laren masih rendah, hal tersebut karena infrastruktur yang kurang mendukung mobilisasi menuju puskesmas, ditambah lagi dengan adanya pandemi Covid 19 membuat ibu hamil semakin khawatir,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Laren dr Istiqomah, Rabu (07/10)

Dijelaskan olehnya, melalui Lala Mobile ibu hamil tidak perlu jauh-jauh datang ke Puskesmas Laren untuk melakukan ANC Terpadu. Namun tim Puskesmas Laren yang datang melayani ibu hamil. “Dari 20 desa, Kami mendatangi 4 titik desa agar semakin terjangkau. Kami juga bekerjasama dengan Kepala Desa untuk memanfaatkan Mobil Sehat untuk menjemput ibu hamil secara gratis,” jelas Istiqomah.

Dia mengharapkan, melalui Lala Mobile pelayanan ANC Terpadu menjadi lebih mudah dan cepat, kunjungan ANC ibu hamil meningkat sehingga risiko tinggi pada ibu hamil dapat terdeteksi sejak dini.

Istiqomah memapaprkan pemeriksaan ANC Terpadu beberapa diantaranya adalah timbang berat badan, pemeriksaan tekanan darah secara rutin, pemeriksaan terhadap janin dan denyut nadi janin dan pengukuran status gizi untuk mencegah dampak buruk pada kelahiran bayi.

“Kemudian penentuan usia kehamilan, pemberian tablet zat besi serta konseling terkait kehamilan, persiapan pemberian asi eksklusif, dan KB pasca persalinan,” sambungnya.

Istiqomah menambahkan, ANC yang baik adalah yang dilakukan minimal empat kali selama kehamilan. Yakni satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali di trimester ketiga.(prap)

Keterangan gambar: Kepala UPT Puskesmas Laren dr. Istiqomah saat melakukan pemeriksaan terhadap Ibu Hamil.(ist)

Related posts

Leave a Comment