BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Targetkan 200 Ribu Pekerja untuk Jadi Peserta

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo menggelar sosialisasi program baru, tentang mekanisme pembayaran iuran dan program BPU (Bukan Penerima Upah), Selasa (24/04).

Selain dihadiri oleh sejumlah kader BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo, kegiatan yang dilaksanakan di Sun Hotel, Jalan Pahlawan Sidoarjo tersebut juga diikuti beberapa‎ wadah pekerja BPU hingga perwakilan perusahaan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka untuk lebih mempererat tali silaturahmi antar kader, Perisai, dan seluruh stakeholder lainnya, serta langkah untuk pencapaian target jumlah peserta.

“Di samping itu, kita adakan kegiatan seperti ini juga sekaligus mensosialisasikan program-program baru dari BPJS Ketenagakerjaan.‎ Kalau antar kader terjalin hubungan baik, target pasti bisa terlampaui,” tutur Hendra.‎

Hendra menjelaskan, dari data yang ada tercatat jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Sidoarjo mencapai 130.000 orang yang terdiri dari peserta formal dan BPU atau mandiri. Namun jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Sidoarjo dan jumlah angkatan kerja, angka tersebut masih jauh dari target.

“Perbandingan antara jumlah penduduk dan angkatan kerja peserta BPJS baru mencapai 30 persen dan yang masuk dalam peserta BPU masih 5 persen,”ungkapnya.

Meski demikian di tahun 2018 ini, Hendra bersama jajarannya tetap optimis target itu bisa terpenuhi. “Kita menargetkan sebanyak 200 ribu pendaftar baik dari kalangan pekerja formal maupun BPU,” tegasnya.‎‎

Dalam kesempatan itu Hendra juga kembali menjelaskan tentang berbagai manfaat yang bisa didapat oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan. Yakni dari program-program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan seperti Jaminan Hati Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Pensiun.

Hendra menyebut, salah satu manfaat itu adalah apabila peserta mengalami kecelakaan saat bekerja, bisa langsung melakukan perawatan di rumah sakit dengan menunjukkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Saat ini, lanjutnya, hampir semua rumah sakit yang ada di wilayah Sidoarjo sudah terakses dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo. Bahkan, bisa menerima perawatan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Semua rumah sakit sudah tercover, kecuali RS Delta Surya. Dan BPJS akan mengcover seluruh biaya rumah sakit tanpa batas, dan selama perawatan peserta juga berhak mendapatkan upah dari BPJS. Jangan ada keraguan untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena manfaatnya untuk peserta lebih besar,” terang Hendra.(sid3)

Keterangan gambar : Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma bersama para kadernya saat acara sosialisasi di Sun Hotel Sidoarjo.(ist)

Related posts

Leave a Comment