Baru Empat Puskesmas di Blitar Berstatus Akreditasi Tingkat Utama

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak 24 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Blitar dipastikan sudah terakreditasi. Hasilnya, sebanyak 20 puskesmas berstatus akreditasi tingkat madya, dan 4 lainnya berstatus akreditasi tingkat utama. Dengan demikian, pelayanan di masing-masing puskesmas diharapkan bisa terus meningkat.

“Jadi sepanjang tahun 2017 – 2018 puluhan puskesmas telah mengikuti penilaian survei akreditasi. Berdasarkan hasil keputusan dan penilaian oleh tim dari Kementerian Kesehatan, dinyatakan bahwa hingga kini baru 4 puskesmas yang berhasil meraih status akreditasi tingkat utama,” kata dr Cristine Indrawatu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Rabu (27/02).

dr Christine menjelaskan, empat puskesmas tersebut diantaranya Puskesmas Kesamben yang berhasil meraih status akreditasi tingkat utama pada 2017. Sedangkan tiga lainya yang meliputi Puskesmas Gandusari, Sanankulon dan Puskesmas Boro Selorejo baru mendapatkannya di awal 2019 ini.

“Tiga puskesmas ini telah mengikuti penilaian atau survei akreditasi pada tahun 2018. Hasilnya keluar awal tahun ini,” ujarnya.

Dengan status akreditasi di setiap puskesmas tersebut, lanjut dr Cristine, maka puskesmas di Kabupaten Blitar sudah mempunyai pelayanan yang standar, mulai dari SDM, fasilitas, maupun kelengkapan alat kesehatannya.

“Setiap 3 tahun sekali kan harus dilakukan reakreditasi. Nah tahun ini, kita persiapkan dua puskesmas yang akan mengikuti reakresitasi. Rencananya akan kita ajukan pada September 2019 nanti,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: dr Cristine Indrawati, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment