Antisipasi Penyebaran Virus Corona, RSUD dr Soegiri Siapkan Tempat Khusus

ADAKITANEWS, Lamongan – Pemerintah Lamongan berupaya melakukan antisipasi terkait penyebaran virus Corona yang berbahaya dan belum ditemukan penawarnya tersebut. Apalagi dengan lokasi wilayah kabupaten ini secara geografis berada di pesisir pantai utara tepatnya di Kecamatan Paciran dan Kecamatan Brondong.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, dr Taufik Hidayat, mengaku siap menerima pasien suspect virus Corona. “Akan kami siapkan tempat khusus, yaitu di RSUD dr Soegiri Lamongan,” kata dr Taufik, Selasa (28/01).

Sementara itu, Hukormas RSUD dr Soegiri Lamongan, Budi Wignyo Siswanto, S. KEP. NS. mengatakan, pihak RSUD dr Soegiri sudah menyiapkan tempat khusus yakni ruang isolasi di satu ruang yang berada di ruang Kemuning. Dia menjelaskan dalam ruang isolasi Air Bon ada 2 pintu di ruangan tersebut, satu pintu isolasi Air Bon pemeriksaan pertama sebelum bertemu pasien.

“Ruang antara sebelum berinteraksi dengan pasien, pengunjung harus menggunakan pengamanan dan steril agar terlindungi dari kontaminasi penyakit pasien,” ujarnya.

Tak hanya kamar, lanjut Budi, RSUD dr. Soegiri juga sudah menyiapkan Dokter spesialis Paru yaitu Dr. Anik Purwanti, Sp. P. dan juga ada dokter spesialis penyakit dalam yang di bantu lima perawat untuk menangani pasien yang terjangkit virus Corona. “Dokter dan perawat juga sudah kami siapkan untuk menangani pasien yang terjangkit virus Corona,” ujar Budi.

Perlu diketahui Coronavirus atau Novel 201 Coronavirus (2019-nCoV), yang biasa disebut virus Corona, tersebut berasal dari kota Wuhan, Cina. Saat ini sudah 16 negara yang melaporkan terkait virus yang mematikan di seluruh dunia itu.(prap)

Keterangan gambar: Hukormas RSUD dr Soegiri Lamongan, Budi Wignyo Siswanto, S. KEP. NS, saat berada di ruangan isolasi.(ist)

Related posts

Leave a Comment