135 Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Kota Kediri Terima Bansos

ADAKITANEWS, Kediri – Dinas Sosial Kota Kediri menyalurkan bantuan sosial kepada 135 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19.

Penyaluran bansos dilaksanakan di kantor Dinas Sosial Kota Kediri. Bansos tersebut berasal dari Kementerian Sosial Republik Indonesia yang diharapkan bisa meringankan beban orang tua atau pendamping anak yatim piatu untuk mencukupi kebutuhannya.

Kadinsos Kota Kediri, Triyono Kutut Purwanto menjelaskan jika sebelumnya sebanyak 271 anak telah didaftarkan oleh pihaknya untuk menerima bantuan. Namun hanya 135 anak yang disetujui oleh pihak Kemensos RI.

“Untuk sisanya yang belum, tahun depan akan kita ajukan kembali. Karena yang memutuskan menerima atau tidak itu dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya, Jumat (17/12).

Kutut menambahkan, jika yang berhak menerima bantuan tersebut adalah anak di bawah 18 tahun. Ada dua kategori bantuan yang diberikan pada kegiatan kali ini yaitu untuk anak sekolah dan untuk anak balita. Bantuan tersebut diberikan berupa rekening bekerja sama dengan Bank Mandiri.

“Bantuan ini diberikan untuk 4 bulan dari bulan September hingga Desember. Jadi untuk anak sekolah bantuan yang diberikan total sebesar Rp 800.000. Sedangkan untuk anak balita sebesar Rp 1.200.000. Diberikan kategori dalam bantuan ini karena melihat dari apa yang dibutuhkan mereka,” imbuh Kutut.

Lebih lanjut Kutut berharap bantuan dari Kemensos RI dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penerima. Selain untuk meringankan beban, Pemerintah ingin anak-anak yatim piatu ini tetap semangat dalam meraih cita-cita yang diinginkan walaupun kehilangan orang tua karena Covid-19.(*/kur)


Keterangan gambar: Pemberian bantuan sosial kepada 135 anak yatim piatu akibat Covid-19.(ist)

Related posts

Leave a Comment