Panglima TNI Siapkan Pasukan ke Myanmar

ADAKITANEWS, Jombang – Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo telah menyiapkan pasukan untuk membantu konflik yang terjadi di negara Myanmar. Hal tersebut disampaikannya di sela kunjungan di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Senin (18/09).

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menekankan bahwa dalam undang-undang memperbolehkan untuk mengirim pasukan di wilayah konflik di luar negeri. Tetapi hal tersebut, tetap dalam pengendalian PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

“Di sini saya tekankan bahwa secara Undang-Undang kita boleh mengirimkan pasukan tetapi kita hanya menyiapkan saja. Yang mengendalikan semua adalah PBB,” ungkap Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan pasukan untuk kepentingan perdamaian dunia, yakni jika diminta oleh PBB. “Kami sudah siapkan pasukan, dan pasukan kami siap bila diminta oleh PBB. Berapapun yang diminta kami siap,” tegasnya.

Jenderal bintang empat itu juga menginformasikan bahwa bantuan yang dikirim ke Myanmar sudah sampai di lokasi. Sedangkan untuk pengiriman gelombang kedua, rencananya akan dilakukan hari ini, Kamis (18/09), yakni sebanyak 20 ton yang akan dikirim dengan 4 pesawat Hercules.

“Untuk mengawal bantuan kami bersama Departemen Luar Negeri sudah mengirimkan bantuan, dan bantuan sudah sampai di lokasi. Hari ini kami akan memberangkatkan bantuan gelombang kedua dengan jumlah 20 ton,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat diwawancarai.(foto:adi rosul)

Related posts

Leave a Comment