TNI Gadungan Dibekuk Polisi

ADAKITANEWS, Tulungagung – Mengaku sebagai anggota TNI, Ruliyanto, 27, warga Bone Bolango Gorontalo, berhasil memperdayai Wahyu Purnawati, 25, warga Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, yang baru dikenalnya lewat medsos facebook.

“Pelaku mengaku sebagai anggota TNI, berkenalan dengan korban lewat medsos,” kata Wakapolres Tulungagung, Kompol Andik Gunawan, Senin (06/08).

Kompol Andik menjelaskan, kejahatan penipuan dan perampasan yang dilakukan Ruliyanto berawal dari pertemanan lewat medsos. Setelah terjalin pertemanan, pelaku mengajak korban bertemu untuk diajak berbelanja dan makan malam. “Rupanya korban termakan bujuk rayu pelaku,” ungkapnya.

Lanjut Wakapolres, usai makan malam korban pun menurut ketika pelaku minta diantar ke sebuah hotel yang berada di sekitar Alun-alun Tulungagung, tempat menginap dengan alasan akan mengambil tas.

Sambil membawa kunci motor korban, pelaku menuju ke kamar. Sementara, korban menunggu di tempat parkir.

Setelah lama ditunggu, pelaku tak juga muncul hingga akhirnya korban menyusulnya ke kamar. Bukannya menyerahkan kunci motor, justru pelaku merayu korban untuk diajak bermesraan, namun korban menolak.

“Saat itu nyaris terjadi pemerkosaan, bahkan korban ditampar, karena menolak ajakan pelaku,” ujar Kompol Andik.

Korban melakukan perlawanan sambil berteriak meminta pertolongan, hingga pelaku ketakutan dan melarikan diri dengan membawa motor AG 3963 RCC milik korban. “Pelaku lari karena korban berteriak. Namun sebelum melarikan diri, dia mengunci korban dari luar,” tambahnya.

Ruliyanto melarikan diri hingga ke Cirebon, Jawa Barat. Disinilah dia menjual motor korban dengan harga Rp 2,5 juta. Dari keterangannya kepada penyidik, pelaku menjalankan aksinya bukan hanya di Tulungagung. “Pelaku sudah berulang kali menjalankan aksinya. Selain di Tulungagung, Surabaya, juga di Jawa Barat, ada 2 TKP, dan 7 lainnya yang kini sedang kita dalami, ” imbuh Kompol Andik.

Pelaku diancam dengan pasal berlapis yakni pasal 365, 362 dan 376 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.(bac)

Keterangan gambar : Ruliyanto berhasil diamankan petugas Kepolisian Resor Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment