Polresta Sidoarjo Amankan 100 Ribu Pil Dobel L Dan 5 Gram Sabu

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar 100 ribu pil dobel L dan 5 gram sabu berhasil diamankan Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polresta Sidoarjo dari dua tersangka yakni Anton Suasmo Putro, 21, warga Desa Sadang Sidoarjo dan Lingga Ardiyansyah, 24, warga Desa Jemundo Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Kasar Narkoba Polresta Sidoarjo, Kompol Sugeng Purwanto mengatakan, penangkapan kedua tersangka berawal dari informasi masyarakat bahwa di wilayah Panjunan, Kecamatan Sukodono sering dijadikan transaksi narkotika jenis sabu. “Setelah kita lakukan penyelidikan ternyata benar adanya,” ujar Kompol Sugeng Purwanto saat lers rilis, Selasa (26/09).

Kompol Sugeng menambahkan, setelah mengetahui keberadaan lokasi transaksi, pihaknya langsung melakukan penangkapan terhadap kedua tersangka. “Dari penangkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti satu poket sabu seberat 0,36 gram di saku celana belakang tersangka ASP. Sementara saat dilakukan pengeledahan pada LA, tidak ditemukan barang apapun,” jelasnya.

Lebih lanjut Kompol Sugeng menjelaskan, pihaknya lalu melakukan penggeledahan di rumah tersangka Lingga. “Kami berhasil menemukan barang bukti berupa satu poket sabu seberat 0,28 gram. Kemudian penggeledahan dilakukan di rumah kos ASP di Desa Jemundo, Kecamatan Taman. Di kamar kos tersebut ditemukan 13 poket sabu dengan total berat 4,35 gram dan pil jenis dobel L sebanyak 100 ribu butir,” ujarnya.

Sementara itu di hadapan petugas, tersangka Anton mengaku barang itu milik tersangka Lingga yang dititipkan padanya. “Berdasarkan pengakuan dari tersangka LA sabu dan pil itu miliknya, didapat dengan cara membeli dari Mamat yang saat ini masih DPO,” jelas Kompol Sugeng.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 114 ayat 1 atau pasal 112 ayat 1 jo pasal 132 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. “Untuk sabu tetap UU RI 35 tahun 2009 dan untuk pil dobel L karena bukan jenis narkotika kita kenakan UU kesehatan No 36 tahun 2009 dengan ancaman lima tahun penjara dan denda Rp.800 juta,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : Satreskoba Polresta Sidoarjo saat mengamankan kedua tersangka pengedar sabu dan pil dobel L.(ist)

Related posts

Leave a Comment