Mencuri Di Rumah Dosen, Warga Bakalanpule Diciduk

ADAKITANEWS,Lamongan – HS, 49, warga Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung terpaksa digelandang dan mendekam di tahanan Mapolsek Tikung, Senin (16/11). Pria yang juga berprofesi sebagai sopir ini ditangkap lantaran diduga melakukan tindak pencurian di rumah kosong di wilayah Kecamatan Tikung.

Kapolsek Tikung, Iptu Bambang melalui Kanit Reskrim Ipda Sono mengungkapkan, aksi pencurian yang sekian lama meresahkan warga setempat ini terungkap saat pelaku hendak kembali melakukan percobaan pencurian di rumah milik seorang Dosen yakni Ika Devi, 33, warga Desa Bakalanpule Kecamatan Tikung.

Ia menjelaskan, kejadian pencurian tersebut bermula ketika korban sedang berada di rumah ibunya membantu berjualan di toko. Kemudian sore harinya korban pulang ke rumahnya. Dan pada waktu hendak membayar kiriman barang, korban mengambil uang yang ada di dalam lemari bawah baju, akan tetapi uang tersebut sudah tidak ada. Selang satu minggu kemudian korban juga kehilangan barang lagi berupa perhiasan emas yang ditaruh di dalam tas dan di dalam lemari kamar rumahnya.

“Sebelumya pelaku pada Kamis (17/10) dan Jumat (30/10) melakukan pencurian di rumah korban, pelaku berhasil menggasak perhiasan emas berupa gelang bayi seberat 3,5 gram dan dua gelang dengan berat 22 gram serta uang tunai sebesar Rp 2 Juta,” terangnya, Selasa (17/11).

Dengan adanya kejadian tersebut lanjut Ipda Sono, akhirnya korban mempunyai iniasiatif untuk memasang CCTV di rumahnya. Tepatnya pada hari Jumat tanggal 6 November 2020, pelaku kembali melakukan percobaan pencurian di rumah korban. “Pelaku masuk ke dalam pekarangan rumah korban dan hendak melakukan percobaan pencurian dengan cara mencukit jendela belakang rumah korban, tetapi pelaku tidak berhasil karena keburu kepergok korban,” ujarnya.

Masih kata Ipda Sono, waktu itu korban juga sempat bertanya kepada pelaku. Pada saat itu pelaku mengaku sedang mencari pemilik truk dan sudah janjian sambil menuju sepeda motornya dan pelaku meninggalkan korbannya.

Atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Tikung guna proses penyelidikan lebih lanjut. “Pelaku berhasil kami tangkap pada hari Senin (16/11) sekira jam 12 00 WIB tanpa perlawanan. Kami juga berhasil mengamankan barang bukti berupa perhiasan,” ungkapnya.

Di hadapan petugas ternyata pelaku juga pernah melakukan pencarian di rumah milik Aan, warga setempat. Pelaku melakukan pencurian uang sebesar Rp 1 Juta. “Pelaku ini juga mengaku melakukan pencurian serupa di rumah korban bernama Muah warga setempat. Korban juga kehilangan uang sebesar Rp 1 Juta,” tambahnya.

Ipda Sono menambahkan untuk pengembangan lebih lanjut, pelaku kini tengah menjalani pemeriksaan untuk dimintai keterangan secara intensif oleh petugas. “Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal 362 KUHP juncto pasal 53 KUHP dan atau Pasal 167 KUHP,” pungkasnya.(prap/kur)

Keterangan gambar: Pelaku saat dimintai keterangan petugas kepolisian Polsek Tikung.(ist)

Related posts

Leave a Comment