Kepergok Curi Kambing, Pemulung Dibekuk Polisi

ADAKITANEWS, Blitar – Dua ekor anakan kambing milik Suhariyanto, warga Dusun Jambangan Desa Dawuhan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar akhirnya diserahkan kembali oleh polisi, setelah sebelumnya dicuri maling. Pelaku pencurian adalah Winarso, 38, warga Jalan Kerantil Kelurahan/Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, yang ditangkap Unit Reskrim Polsek Lodoyo Barat, tidak jauh dari lokasi.

Kapolsek Lodoyo Barat, AKP Sapto Rahmadi mengatakan, dari hasil pemeriksaan pelaku melakukan aksinya pada Selasa (24/07) sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu, pelaku sedang menjalankan aktivitasnya sebagai pemulung dan melihat dua ekor kambing berada di luar kandang.

“Saat itu pelaku melihat kondisi sekitar sepi. Sehingga pelaku langsung memasukkannya kedalaman karung putih dan melarikan diri,” kata AKP Sapto, Kamis (02/08).

Lebih lanjut AKP Sapto menuturkan, pelaku yang melarikan diri berhasil ditangkap 4 kilometer dari tempat kejadian. Diduga ketakutan, pelaku terjatuh dari sepedanya. Saat itulah kambing yang dibawanya bersuara.

Warga yang mengetahui hal itu kemudian memberitahu korban. Ternyata, kambing yang dibawanya, dipastikan milik Suhariyanto.

“Petugas yang datang ke TKP kemudian membawa ke Mapolsek Lodoyo Barat untuk dilanjutkan proses pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, pelaku mengaku nekat melakukan pencurian ini untuk membelikan seragam sekolah anaknya. Selain itu, pelaku juga pernah berurusan dengan polisi dengan kasus pencurian sebuah kabel pada tahun 2014 lalu dan dibui selama 6 bulan. “Rencananya kambing ini akan saya rawat dulu. Baru kemudian saya jual untuk membelikan seragam anak saya,” jlentrehnya.

Akibat perbuatannya, pemulung tersebut dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.(fat/wir)

Keterangan gambar: AKP Sapto Rahmadi, Kapolsek Lodoyo Barat saat menunjukkan barang bukti dam pelaku.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment