Dua Pekan, 35 Tersangka Pengedar Narkoba Dibekuk Polisi

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Polresta Sidoarjo kembali merilis hasil ungkap kasus peredaran gelap narkoba. Hasilnya, dalam waktu dua pekan ada 35 orang tersangka yang berhasil diamankan dengan barang bukti berbagai macam jenis narkoba.

Kapolresta Sidoarjo, AKBP Zain Dwi Nugroho mengatakan, dalam pengungkapan kali ini polisi berhasil mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 218,56 gram, 990 pil dobel L, ganja 0,41 gram, 19 unit ponsel, dan uang tunai Rp 2,22 juta. Ketiga puluh lima tersangka beserta barang bukti itu, merupakan hasil tangkapan pihak kepolisian dari 28 kasus mulai tanggal 1 – 17 November 2018.

AKBP Zain Dwi Nugroho menjelaskan, dari 35 tersangka yang diamankan, salah satunya diketahui masih berstatus sebagai pelajar. “Hasil pengungkapan ini menunjukkan bahwa masih tingginya peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Sidoarjo. Untuk sementara akan kami evaluasi pada akhir tahun,” kata AKBP Zain Dwi Nugroho kepada wartawan Selasa (20/11).

Selain itu, lanjut Kapolresta, dari puluhan tersangka itu terdiri dari 3 – 4 orang anggota jaringan. Bahkan ada tersangka perempuan yang juga merupakan pengedar sekaligus pengguna. “Untuk jaringan besarnya masih didalami. Kalau disampaikan hari ini takutnya malah ketahuan,” paparnya.

Tingginya tingkat peredaran gelap narkoba di Sidoarjo ini, kata Kapolresta, sudah ditekan dengan melaksanakan beberapa program pencegahan. Diantaranya upaya preentif, preventif dan pendidikan narkoba yang dimasukkan ke dalam kurikulum P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) bagi pelajar tingkat SMP.

“Kita juga sudah melaksanakan kegiatan-kegiatan penyuluhan dan pembinaan. Yang pasti semua itu juga akan diimbangi dengan penegakan hukum (represif,red). Tujuannya supaya kegiatan ini berjalan seiring dalam pemberantasan narkoba,” tegas Alumni Akpol tahun 1997 itu.

Para tersangka yang telah diamankan tersebut terancam pasal 111, 112, dan 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun.(sid3)

Keterangan gambar : 35 tersangka kasus narkoba hasil tangkapan jajaran Polresta Sidoarjo selama dua pekan terakhir.(ist)

Related posts

Leave a Comment