DPC PERADI Sidoarjo Dukung Langkah Hukum PN Sidoarjo Soal Kegaduhan di Persidangan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) mengapresiasi tindakan Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo, yang melaporkan pengunjung sidang lantaran sudah membuat suasana persidangan gaduh, Kamis (28/06) lalu.

Anggota pengurus DPC PERADI Sidoarjo, Ben Hadjon mengatakan, pihaknya bersama seluruh pengurus juga menyatakan sikap keprihatinannya atas peristiwa yang dapat dikategorikan sebagai Contempt Of Court, dan mengecam keras tindakan oknum yang sudah membuat gaduh gedung PN Sidoarjo dan kini videonya telah viral.

“Kami mendukung sepenuhnya langkah hukum yang dilakukan PN Sidoarjo dengan melaporkan ke Polresta Sidoarjo karena kejadian tersebut dapat dikategorikan sebagai Contempt Of Court. Tindakan pelaporan tersebut memang dianggap perlu untuk menjaga harkat dan martabat pengadilan,” tegasnya dalam konferensi pers, Selasa (03/07).

Bersama para pengurus PERADI, Ben Hadjon juga mengimbau kepada masyarakat, yang tidak puas atas putusan pengadilan hendaknya menggunakan upaya hukum yang tersedia.

“Bukan dengan tindakan atau cara yang dapat dikategorikan sebagai penghinaan terhadap pengadilan itu. Bisa juga menggunakan upaya hukum dengan mengajukan banding, kasasi, maupun peninjauan kembali,” tutur Ben Hadjon.‎

Ditanya soal orang yang dilaporkan oleh PN Sidoarjo serta pengunggah video kegaduhan di gedung PN Sidoarjo, Ben Hadjon mengatakan semua proses hukum akan diserahkan ke kepolisian.

“Karena PN Sidoarjo sudah melakukan langkah hukum dengan melaporkan ke Polresta Sidoarjo. Posisi Peradi Sidoarjo adalah mendukung upaya langkah hukum yang dilakukan PN Sidoarjo,” tambahnya.

Sementara, dengan adanya kabar bahwa diantara orang yang dilaporkan tersebut ada juga oknum advokat dari PERADI, Ben Hadjon mengaku belum bisa memastikan status keanggotaannya.

“Kami belum menemukan secara pasti tentang identitas yang bersangkutan. Apakah anggota PERADI atau tidak. Kami akan melakukan investigasi. Namun yang jelas untuk anggota PERADI Sidoarjo yang bersangkutan tidak ada namanya tercatat disini,” tegas Ben Hadjon.(sid3)

Keterangan gambar : Para pengurus DPC PERADI Sidoarjo dalam konferensi pers.(foto : andri santoso)‎

Related posts

Leave a Comment