Adu Domba Dua Perguruan Silat di Medsos, Pemuda Blitar Ditangkap

ADAKITANEWS, Blitar – Berawal dari iseng di media sosial, Huda Riyan Nandas, 22, pemuda asal Desa Jugo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar akhirnya harus berurusan dengan polisi.

Ia ditangkap usai terbukti melakukan penghinaan atau pencemaran nama baik terhadap dua organisasi, yaitu perguruan pencak silat Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Ranting Kesamben dan Pencak Silat PSHT Ranting Kesamben melalui facebook.

Kapolres Blitar, AKBP Anisullah M Ridha mengatakan, peristiwa ini terjadi pada 13 Mei 2019 lalu. Pelaku melakukan aksinya di sebuah warnet. Awalnya polisi mendapati postingan di media sosial facebook yang diposting oleh Akun “Huda Riyan Nandas”. Postingan tersebut berisi penghinaan atau pencemaran terhadap kedua organisasi perguruan pencak tersebut. Isi dari postingan itu mengolok-olok dan mengarah untuk mengadu domba.

“Kemudian saat itu pelaku didatangi oleh pihak yang mengaku anggota organisasi IKSPI dan membawanya ke Polsek Kesamben. Saat di Polsek Kesamben datang lagi beberapa orang anggota dari PSHT,” kata Kapolres dalam press rilis, Jumat (17/05).

Melihat situasi di Polsek Kesamben terdapat banyak orang dari anggota pencak silat PSHT dan IKSPI, kata Kapolres, selanjutnya dengan dikawal oleh Polsek Kesamben, perwakilan dari kedua pencak silat dan pelaku dibawa ke Mapolres Blitar guna proses hukum lebih lanjut.

“Dari hasil pemeriksaan, polisi mengamankan barang bukti berupa HP, dan screen shoot postingan penghinaan di FB akun Huda Rian Nandas,” ujarnya.

Sementara itu, pelaku mengaku melakukannya hanya karena iseng-iseng. Selain itu, pelaku juga bukan salah satu dari anggota kedua perguruan pencak silat tersebut. “Saya hanya iseng. Saya juga tidak pernah belajar silat,” paparnya.

Atas kejadian ini, pelaku dijerat dengan pasal 45 A ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan UU RI nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar.(fat/wir)

Keterangan gambar: AKBP Anisullah M Ridha, Kapolres Blitar saat menunjukkan barang bukti.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment