Zonasi PPDB SMP Tahun Ajaran 2019/2020 Capai 90 Persen

ADAKITANEWS, Blitar – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Blitar masih menggunakan sistem zonasi. Bahkan presentasenya untuk tahun ajaran 2019/2020 kali ini mencapai 90 persen.

Penggunaan sistem zonasi ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 51 tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020 yang didalamnya juga mengatur penggunaan sistem zonasi.

Kasi Kesiswaan Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Suyadi mengatakan, mengacu pada aturan tersebut ada tiga jalur yang akan diterapkan dalam proses penerimaan peserta didik baru untuk tingkat SMP sederajat di Kabupaten Blitar. Diantaranya menggunakan sistem zonasi sebanyak 90 persen, jalur prestasi sebanyak 5 persen, dan jalur perpindahan tugas orang tua sebanyak 5 persen.

“Saat ini kita sedang memantapkan dan mengevaluasi tiga jalur itu untuk diterapkan. Baru kemudian kita akan kirim ke Bupati. Sehingga targetnya pertengahan April 2019, Perbup tentang PPDB SMP tahun ajaran 2019/2020 sudah terbit,” kata Suyadi, Jumat (29/03).

Suyadi menjelaskan, tujuan utama besarnya presentase sistem zonasi pada PPDB kali ini, yakni agar layanan pendidikan semakin merata, menghilangkan diskriminasi, serta menghilangkan kesan heterogen antara sekolah favorit dan sekolah non favorit di kalangan masyarakat.

“Nanti diharapkan tidak ada lagi kesenjangan atau diskriminasi terhadap sekolah. Jadi tidak ada sekolah favorit ataupun tidak favorit, semuanya sama,” pungkasnya.

Namun demikian, untuk mewujudkan kualitas sekolah yang merata, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Seperti peningkatan kualitas sekolah sendiri dan juga kualitas sumber daya manusia (SDM), dalam hal ini guru. “Bimtek untuk guru sudah sering kita lakukan. Ini agar kualitas guru bisa terus meningkat,” terangnya.

Suyadi menambahkan, PPDB SMP tahun ajaran 2019/2020 diperkirakan akan dimulai pada bulan awal Mei 2019 mendatang. Untuk teknis PPDB nanti pihaknya akan terus menginformasikan kepada masyarakat luas.(fat)

Keterangan gambar: Suyadi, Kasi Kesiswaan Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment