Wiekes Diresmikan, Destinasi Wisata Baru Lamongan

ADAKITANEWS, Lamongan – Bupati Lamongan meresmikan tempat Wisata Edukasi Kali Embung Sekaran (Wiekes) yang terletak di kawasan Desa/Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, Rabu (01/05). Kawasan wisata ini sebelumnya merupakan kawasan rawa, namun oleh Pemerintahan Desa setempat disulap menjadi obyek wisata.

Di lokasi wisata yang mengusung konsep edukasi ini, sementara masih terdapat satu wahana bermain untuk anak yang bisa dikunjungi saat akhir pekan. Yakni berupa perahu kayuh berbentuk angsa.

Untuk dapat menikmatinya, para pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu dan bisa mengitari air mancur sederhana yang terbuat dari pipa paralon, atau mengitari sungai yang bersebelahan dengan rawa Sekaran ini.

Kepala Desa Sekaran, Isman Afandi saat peresmian Wiekes oleh Bupati Lamongan, Fadeli mengungkapkan, obyek wisata di desanya itu tiap hari sudah dikunjungi oleh ratusan orang. Beberapa bahkan dari luar kota seperti Tuban dan Bojonegoro.

Kedepan, Isman mengaku obyek wisata yang didanai oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sekar Sejahtera itu akan dibangunkan wahana lainnya, sehingga pengunjung tetap tertarik untuk datang.

“Kedepan tidak hanya satu permainan, biar pengunjung tidak bosan. Nanti kami juga akan bangun kolam renang, kolam pemancingan di tambak, dan pemancingan ikan liar di kali. termasuk membuka sentra oleh-oleh dan pembangunan lahan parkir,” ujarnya.

Pemuda Karang Taruna menurut dia, juga antusias membantu pengelolaan, dan berjualan souvenir. Sementara warga yang punya produk unggulan seperti ikan asap, wingko dari jagung, brownies jagung dan keripik jagung, juga mendapat berkah tersendiri.

“Ini sebenarnya baru rampung 50 persen. Kami berharap bisa melebihi aset di Pasar Desa Sekaran, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Sekaran. Pendapatan asli daerah kami dulu baru Rp 225 juta, sekarang sudah Rp 500 jutaan,” bebernya.

Sementara itu Bupati Lamongan, Fadeli menyebut ini sebagai visi luar biasa Kades. Sehingga Kali Embung bisa disulap jadi tempat wisata. “Ini inovasi yang bisa menyenangkan banyak orang dan bisa mendatangkan pendapatan bagi desa,” kata Bupati.

Pemerintahan Daerah (Pemda), sambung Bupati, akan memfasilitasi inovasi desa seperti di Sekaran agar bisa lebih berkembang, sekaligus memacu inovasi dari desa lain.

Bupati menyebut, saat ini memang baru ada tujuh unit wahana sepeda air. Namun sudah cukup mengundang animo pengunjung. Di hari pembukaan itu, tujuh unit sepeda air digratiskan. Biasanya, tiket untuk sekali naik sepeda air dengan 4 kursi adalah sebesar Rp 15 ribu/15 menit, dan untuk perahu isi 2 kursi sebesar Rp 10 ribu.(ng1)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan, Fadeli saat meresmikan Wiekes.(ist)

Related posts

Leave a Comment