Waspadai Potensi Kemacetan di Jalur Tempat Wisata

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Menjelang Lebaran tahun ini, antisipasi kemacetan arus lalu lintas sudah mulai dilakukan sejumlah pihak terkait. Salah satunya seperti pagi ini, Rabu (06/06) Polres Blitar Kota bersama instansi terkait diantaranya TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP, menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Semeru tahun 2018 di Halaman Mapolres Blitar Kota.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, pelaksanaan Operasi Ketupat didasarkan dengan prediksi Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 15 dan 16 Juni 2018. Sementara arus mudik dan balik, diperkirakan bakal terjadi pada 7 – 25 Juni 2018.

“Operasi Ketupat 2018 ini akan berlangsung selama 18 hari. Di sepanjang jalur utama yang akan dilewati para pemudik diwilayah Kota Blitar akan kita dirikan pos pelayanan masyarakat, pos terpadu, pos penjagaan atau pos pengamanan,” kata Kapolres, Rabu (06/06).

AKBP Adewira menjelaskan, dalam Operasi Ketupat Semeru 2018 ini, ada sekitar 500 personel gabungan yang akan diturunkan. Diantaranya dari Polri, TNI, Satpol PP Kota Blitar, Dinas Perhubungan Kota Blitar, serta instansi terkait. Sementara itu, ada 4 Pospam yang didirikan Polres Blitar Kota, yakni berada di Alun-alun Kota Blitar, Penataran Nglegok, Srengat, dan Terminal Patria Kota Blitar.

Menurutnya, ada beberapa yang harus diwaspadai selama musim mudik lebaran 2018 kali ini, yakni peningkatan volume kendaraan di jalur Bypass. Selain pengamanan arus kendaraan lalu lintas yang dilakukan, pihaknya juga melakukan kegiatan dalam rangka mengantisipasi aksi kriminalitas seperti pencurian, perampokan, dan kejahatan teroris.

AKBP Adewira menambahkan, titik rawan yang diprediksi akan terjadi kemacetan arus lalu lintas berada di tengah kota dan tempat-tempat wisata seperti Water Park Sumber Udel, Makam Bung Karno, dan Candi Penataran Nglegok.

“Kita sangat berharap peran serta dari seluruh stakeholder untuk membantu keberhasilan dalam Operasi Ketupat 2018, agar dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan bersama,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana apel gelar pasukan operasi ketupat semeru.(ist)

Related posts

Leave a Comment