Waspada Third-Wave Covid-19

ADAKITANEWS, Kediri – Untuk mengantisipasi munculnya gelombang ketiga atau third-wave penularan covid-19, pemerintah terus gencar menggalakkan penerapan 3M dan vaksinasi. Salah satunya di Kota Kediri, yang saat ini juga ketat menggelar operasi non yustisi.

Operasi non yustisi menjadi salah satu cara untuk mendorong masyarakat tertib menggunakan masker serta penerapan protokol kesehatan lainnya. Sebab saat ini, pemerintah juga tengah focus pada program pemulihan ekonomi.

“Pemkot Kediri fokus pada percepatan pemulihan ekonomi. Namun kita tidak mengesampingkan faktor keamanan dan kesehatan,” ujar Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Minggu (24/10).

Ditegaskan Mas Abu, saat ini masyarakat Kota Kediri belum aman dari covid-19 serta harus mewaspadai datangnya gelombang ketiga penyebaran covid-19. Oleh karenanya, pihaknya akan terus mengingatkan masyarakat tentang protokol kesehatan.

Berbagai langkah antisipasi gelombang ketiga covid-19 telah disiapkan oleh Pemkot Kediri. Salah satunya yang telah berjalan yaitu pelaksanaan vaksinasi lansia dan remaja, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

“Antisipasi di hilir yang sudah kita lakukan yaitu menyiapkan tempat tidur dan sarana faskes. Namun di hulu masyarakat Kota Kediri harus saling menjaga satu dan yang lain dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Kediri, Eko Lukmono Hadi menuturkan, saat ini masyarakat cenderung mulai abai dengan penggunaan masker. “Saat giat stasioner, memang relatif baik. Namun saat mobiling, masyarakat mulai ada kecenderungan abai saat di tempat umum,” ungkap mantan Camat Pesantren ini.

Eko menegaskan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi Perda dan operasi. Baik di jalan raya, pasar tradisional, dan area yang berpotensi kerumunan. Selain itu juga dengan penegakan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi yang ada di pusat perbelanjaan yang ada di Kota Kediri.(*/kur)

Keterangan gambar: Pelaksanaan operasi non yustisi antisipasi third-wave covid-19.(ist)

Related posts

Leave a Comment