Walimurid Masih Bingung Soal Batasan Usia Ikut PPDB Online

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Indikasi tidak diterimanya peserta didik baru yang masih belum cukup umur di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kota Kediri, membuat beberapa orangtua mempertanyakan berapa batas usia siswa dan siswi agar diterima pada sekolah yang dituju.

Akibat kebingungan itu, orangtua yang anaknya belum menyentuh usia 7 tahun, langsung memasukkan anaknya ke sekolah swasta. Mereka mengaku takut jika anaknya tidak lolos pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. “Kita warga bingung. Soalnya ada beberapa anak yang umurnya dibawah 7 tahun juga diterima,” ujar salah satu orangtua yang menolak namanya disebutkan.

Cevy Ning Suyudi, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Kediri mengatakan, bahwa pada PPDB Online tidak ada batasan usia anak. Hanya saja, jika ada anak yang usianya lebih tua dari keseluruhan anak yang mendaftar, anak tersebut akan diutamakan.

Masih kata Cevy, pada PPDB online sudah diberikan penilaian sesuai sistem, berdasar umur dan domisili. “Pada sistem online calon peserta didik yang mendaftar, usianya langsung dihitung berdasarkan hari. Usia memiliki bobot 60 persen dan zona memiliki bobot 40 persen. Semakin banyak usia dalam hitungan hari pastinya skor akan semakin tinggi,” cakapnya, Rabu (12/07) sore.

Sedangkan terkait salahnya informasi yang diterima orangtua siswa, Cevy mengaku tidak bisa berkomentar banyak. Pasalnya informasi yang diberikan dari Dinas Pendidikan sudah jelas dan dapat ditanyakan ulang ke loket pelayanan jika masih belum dimengerti.

“Kami sudah memberikan layanan informasi kepada masyarakat. Jika orangtua masih belum mengerti, kan ada petugas loket yang dapat memberikan informasi. Kalau ada komplain juga bisa langsung dilaporkan kepada kami,” ujarnya dengan tegas.

Cevy juga menambahkan, memang yang digunakan dalam penilaian skor tidak hanya berdasar usia saja, namun juga jarak tempat tinggal. Dimungkinkan juga jika anak tersebut tidak memiliki pesaing, karena pendaftar lain berasal dari luar zona. Selain itu juga banyak peserta didik pada daerah sekitarnya masuk ke sekolah swasta.

“Pendaftaran secara online semua melalui sistem. Yang pasti jika skor zona dan usia kalah dengan pendaftar lain, sudah jelas gugur. Maka dari itu jika tidak ada pesaing maka sudah jelas anak tersebut lolos,” pungkasnya.(udn)

Keterangan gambar : Cevy Ning Suyudi.(foto:fasihhuddin kholili)

Related posts

Leave a Comment