Ustaz Pengujar Kebencian Terhadap Jokowi dan Ahok, Dijebloskan ke Lapas Porong

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Setelah kasasinya ditolak oleh Mahkamah Agung (MA), Ustaz Alfian Tanjung, tervonis 2 tahun atas kasus ujaran kebencian, akhirnya menjalani hukuman di Lapas Kelas l Surabaya di Porong, Sidoarjo, Senin (11/06).

Alfian Tanjung yang divonis dengan hukuman 2 tahun penjara, oleh Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya, sebelumnya sempat mengajukan kasasi ke MA. Namun, vonis tersebut akhirnya ditolak melalui putusan MA No.1167/Pid.sus/2018 tertanggal 7 Juni 2018 kemarin.

Penempatan Alfian ke Lapas Porong, diakukan oleh Jaksa eksekutor yang berkoordinasi dengan Mako Brimob, untuk membawa Alfian dan bertolak ke Surabaya menggunakan pesawat komersil, Senin (11/06) pukul 03.00 WIB.

‎”Pemindahan penahanan terdakwa dari Rutan Mako Brimob (Kelapa Dua, Depok) ke Lapas di Porong, Sidoarjo untuk menjalani pidana penjara,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, M Rum melalui keterangan tertulisnya, Senin (11/06).‎

Alfian tiba di Lapas Porong dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Polda Jatim dan Polresta Sidoarjo. Tampak hadir dalam pengawalan itu, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji bersama Kepala Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya, Rachmat Supriady.‎

Rachmat Supriady mengatakan, Alfian harus menjalani hukuman terkait kasus ujaran kebencian terhadap Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang dianggap sebagai antek Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Terdakwa Alfian kami eksekusi karena kasasinya ditolak oleh MA. Sebelum di tingkat kasasi, ‎sebelumnya Majelis Hakim PN Surabaya memutuskan bersalah dengan vonis 2 tahun penjara atas kasus ujaran kebencian saat memberikan ceramah di sebuah masjid di Surabaya, pada Februari 2017.‎ Alfian kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Surabaya. Namun, dalam putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi, tetap menjatuhkan vonis 2 tahun pada Alfian,” terangnya.

Kasus ujaran kebencian tersebut bermula saat Ustaz Alfian menyampaikan ceramah di Masjid Mujahidin, Tanjung Perak, Surabaya. Video ceramahnya, kemudian viral di media sosial YouTube.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, saat dibawa menuju Lapas Porong, Alfian mendapat pengawalan dan pengamanan sekitar kurang lebih 50 anggotanya. “Penyerahan yang bersangkutan secara fisik dan administrasi telah dilakukan dengan lancar dan pengamanan serta pengawalan sudah kita lakukan dengan baik. Sesuai SOP hingga yang bersangkutan saat ini ditahan di Lapas Porong,” kata Kombes Pol Himawan Bayu Aji.

Sementara itu saat digiring masuk ke dalam Lapas Porong, Ustaz Alfian sempat m‎enyatakan akan melakukan upaya Peninjauan Kembali (PK). “PK akan disiapkan pengacara saya sesudah lebaran,” ujar Alfian sambil berjalan dengan pengawalan ketat kepolisian.(sid3)

Keterangan gambar : Alfian Tanjung menandatangani surat penyerahan penahanan dirinya di Lapas Klas 1 Surabaya di Porong.(ist)‎

Related posts

Leave a Comment