Usai Dilantik, Maryoto Langsung Gantikan Syahri Sebagai Plt Bupati

ADAKITANEWS, Tulungagung – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dipastikan akan melantik Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo di Kantor Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (25/09) besok sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepastian ini disampaikan Perwakilan Tim Pemenangan pasangan Syahri Mulyo dan Maryoto Birowo (SAHTO), Heru Santoso. “Ya, besok Pak Syahri bersama Pak Maryoto dilantik Gubernur Jatim di kantor Kementerian Dalam Negeri,” kata Heru Santoso, Senin (24/09).

Heru yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Tulungagung dari PDIP ini juga menyampaikan bahwa pihak dewan juga sudah menerima undangan pelantikan tersebut.

“Ketua DPRD, besok hadir sebagai perwakilan dari legislatif,” ujarnya.

Ditanya apakah ada kemungkinan posisi Maryoto Birowo langsung menggantikan posisi sebagai Bupati, Heru menyatakan bahwa hal tersebut masih perlu proses di Kemendagri.

“Hal tersebut merupakan ranah Kemendagri. Proses kesitu masih butuh waktu. Karena status hukum Pak Syahri kan belum inkrah,” timpal Heru.

Lantaran statusnya belum inkrah dan belum ditetapkan kasus pidananya, yang paling memungkinkan adalah mengangkat Wabup sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati.

Sekadar diketahui, Syahri Mulyo bersama Maryoto Birowo (Sahto) merupakan calon kepala daerah yang diusung PDIP dan Partai Nasdem dalam Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 lalu.

Hasil pencoblosan, pasangan Sahto menang telak 59,8 persen suara atas lawannya Margiono-Eko Prisdianto (Mardiko) yang memperoleh 40,2 persen. Namun menjelang pelaksanaan pencoblosan atau pada 8 Juni 2018, Syahri Mulyo ditetapkan tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi proyek infrastruktur.(bac)

Keterangan gambar : Tim Pemenangan pasangan SAHTO, Heru Santoso.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment