Terjunkan 10.966 Personel Linmas Amankan Pemilu 2019

ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah Kabupaten Blitar menerjunkan 10.966 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk mengamankan Pemilu 2019.

Untuk menyiapkannya, Pemkab Blitar juga telah menggelar apel siaga atau gelar pasukan Satlinmas dan penyerahan bantuan perkuatan Satlinmas dalam rangka Pemilu 2019, di Alun-alun Kanigoro dan dipimpin langsung oleh Bupati Blitar, Jumat (05/04) pagi.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, petugas Satlinmas dalam membantu pengamanan di PPK, PPS, dan TPS pada Pemilu 2019 sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seluruh personel Satlinmas tersebut akan ditugaskan di 248 desa/kelurahan yang berada di 22 kecamatan. Dengan rincian di wilayah hukum Polres Blitar Kota ada 6 wilayah kecamatan yang terdiri dari 77 desa/kelurahan dan 1.520 TPS, dengan kekuatan sebanyak 3.485 personel Linmas.

“Nah, sementara di wilayah hukum Polres Blitar ada 16 kecamatan terdiri dari 171 desa/kelurahan, 3.233 TPS dengan kekuatan 7.481 personel Linmas. Secara keseluruhan jumlah Linmas yang dikerahkan 10.966 personel,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Rijanto juga mengajak Satlinmas untuk menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dengan meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap setiap potensi yang dapat mengganggu situasi sosial politik serta keamanan dan ketertiban masyarakat, sejak masa persiapan sampai pasca Pemilu 2019 nanti.

“Selain itu, petugas keamanan juga harus meningkatkan tindakan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala yang timbul dalam masyarakat agar tidak sampai berkembamg menjadi konflik secara terbuka,” ujarnya.

Bupati menuturkan, untuk kesatuan gerak dalam menciptakan situasi dan kondisi keamanan wilayah yang kondusif, seluruh kekuatan Satlinmas berada dibawah kendali operasi (BKO) kepolisian Resort Blitar dan Resort Blitar Kota.

“Meskipun kita tahu bersama situasi beberapa hari terakhir diwarnai dengan kejadian berpotensi bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, namun alhamdulillah tidak berpengaruh buruk terhadap situasi dan kondisi masyarakat di Kabupaten Blitar. Tentu hal ini berkat kesuapsiagaan seluruh elemen masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Suyanto mengatakan, dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, petugas Linmas diserahkan ke Polres, baik Kota maupun Kabupaten. Menurutnya peran Linmas dalam pengamanan juga sangat penting.

“Jadi sesuai penataan kami, di masing-masing TPS ada 2 Linmas, di desa 10, dan di Kecamatan ada 20, dan di Kabupaten ada 50. Nah kemudian namti personel Linmas dibawah kendali Polres Kabupaten/Kota,” tutupnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana apel.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment