Terjadi Abrasi, Warga Bangun Tangkis

ADAKITANEWS, Tulungagung – Ombak besar yang terjadi di wilayah pantai selatan beberapa waktu lalu selain menyebabkan rob yang menerjang permukiman nelayan Pantai Sidem Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, juga mengakibatkan abrasi disepanjang pantai.

Sawijiono, salah seorang warga setempat mengatakan, ketinggian ombak yang terjadi saat cuaca buruk, mencapai batas pasang tertinggi.

“Lima gasebo rusak, karena tumpuannya longsor diterjang ombak,” kata Sawijiono, Rabu (01/08).

Lanjut Sawijiono, ombak juga menyebabkan pepohonan di pinggir pantai roboh serta abrasi. Untuk menghindari keeusakan yang lebih parah, warga secara bergotong royong membuat tangkis dari sesek anyaman bambu.

Seperti diberitakan, cuaca ekstrem yang terjadi di sepanjang pesisir pantai selatan Pulau Jawa beberapa waktu terakhir, juga menyebabkan ratusan nelayan di Pantai Popoh, Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung menghentikan aktivitas melaut.

Sebelumnya Kepala BPBD Tulungagung, Soeroto sempat mengatakan, cuaca buruk seperti ini sebenarnya merupakan siklus yang terjadi berulang setiap tahunnya. Hanya saja pada tahun ini, diikuti oleh gelombang yang lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kondisi ini merupakan siklus tahunan, namun tahun ini gelombangnya melebihi tahun lalu,” ujar Soeroto, Sabtu (28/07) lalu.

Ia pun mengimbau agar nelayan tetap waspada, dan tidak melaut terlebih dahulu sebelum kondisi cuaca kembali normal.(bac)

Keterangan gambar : Abrasi di Pantai Sidem Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment