Target Retribusi Parkir di Blitar Dinaikkan Jadi Rp 1,6 Miliar

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar dipastikan telah menaikkan target retribusi parkir pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2018. Dari target awal sebesar Rp 1 miliar, kemudian dinaikkan menjadi Rp 1,3 miliar.

Pada semester kedua, angka itu juga dinaikkan lagi menjadi Rp 1,5 miliar. Hingga terakhir pada PAK 2018, dinaikkan lagi menjadi Rp 1,6 miliar.

“Tercatat ada 3 kenaikan capaian target retrubusi untuk parkir. Kenaikan target retribusi parkir memang sengaja dilakukan. Karena berdasarkan evaluasi, capaian retrubusi parkir sangat bagus yakni mencapai target,” kata Widodo Sapto Yohanes, Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Sabtu (20/10).

Widodo menjelaskan, dinaikkannya target retribusi parkir dinilai wajar. Sebab, melihat retribusi parkir yang ditetapkan selalu tercapai, sehingga diputuskan menaikkan lagi angka target capaian retribusi.

Menurutnya, kondisi di lapangan capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi parkir sangat positif. “Tentunya ini juga tidak lepas dari kesadaran masyarakat dalam hal membayar parkir,” pungkasnya.

Disamping itu, faktor lainnya adalah adanya kenaikan tarif parkir baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Awalnya tarif parkir roda dua Rp 1.000, kemudian dinaikkan menjadi Rp 2 ribu per sepeda motor. Sedangkan untuk roda empat, naik dari Rp 2 ribu menjadi Rp 3 ribu per mobil.

“Kita optimis target retribusi parkir yang dinaikkan bisa tercapai lagi. Dengan tercapainya target tersebut, maka juga berdampak pada PAD Kota Blitar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Salah satu tempat parkir di Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment