Tahun Ini, 25 Desa di Blitar Ikuti Program Pamsimas

ADAKITANEWS, Blitar – Sepanjang 2018 lalu, sebanyak 19 desa mengikuti Program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Tahun ini, Kabupaten Blitar juga masih mengikuti program Pamsimas. Bahkan, jumlah desa yang mengikuti program tersebut dipastikan bertambah.

“Tahun ini kita masih tetap melakukan program Pamsimas. Kalau tahun ini, jumlah desa yang bakal mendapat bantuan dari program ini bertambah menjadi 25 desa, sedangkan pada tahun lalu hanya 19 desa,” kata Agus Santoso, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Blitar, Rabu (16/01).

Agus menuturkan, sebanyak 25 desa ini tersebar di wilayah Blitar Selatan, Timur dan Utara. Sementara itu, rincian perolehan bantuan, diantaranua 20 desa mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat, dan 5 desa lainnya mendapat bantuan dari APBD Kabupaten Blitar.

“Jadi masing-masing desa kita perkirakan bakal menerima anggaran senilai Rp 250 juta untuk melaksanakan program Pamsimas,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Agus, setiap desa juga harus mendukung program ini dengan mengalokasikan anggaran khusus yang dimasukkan di APBDes. Selain itu masyarakat juga harus dilibatkan dalam program ini.

“Kalau tujuannya memang untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan, khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota atau kabupaten,” jlentrehnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Agus Santoso, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment