Tahun Depan, Tiap Kelurahan di Kota Blitar Dapat Dana Rp 352 Juta

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pada tahun 2019 mendatang, setiap kelurahan di Kota Blitar bakal mendapat gelontoran anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) senilai Rp 352 juta. Sehingga masing-masing kecamatan diperkirakan mendapat Rp 2,47 miliar untuk 7 kelurahan.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Johanes mengatakan, ada 3 kecamatan di Kota Blitar. Masing-masing kecamatan terdapat 7 kelurahan. Penambahan anggaran ini masuk pada Rancangan APBD 2019.

“Evaluasi R-APBD 2019 dari Gubernur sudah turun sejak 30 November 2018. Kita bersama Banggar DPR Kota Blitar juga sudah menyempurnakannya, dan rencananya akan segera dikirim lagi ke Provinsi guna mendapat nomor register. Nah, satu diantara perubahan terkait hasil penyempurnaan itu, ada anggaran DAU tambahan untuk kelurahan,” kata Widodo, Senin (10/12).

Lebih lanjut Widodo menjelaskan, untuk peruntukan dan sasarannya masih menunggu pedoman umum dan petunjuk teknis dari Kementerian Keuangan. Menurutnya, kalau untuk tahun-tahun sebelumnya, tiap kelurahan hanya mendapat gelontoran anggarandari APBD Kota Blitar.

“DAU untuk kelurahan baru tahun 2019. Tahun sebelumnya masih bersumber dari APBD murni, besarnya sekitar Rp 400 juta tiap tahun untuk setiap kelurahan,” ujarnya.

Widodo menambahkan, jika petunjuk teknis sudah ada, diharapkan setiap kelurahan bisa menggunakan anggaran tersebut semaksimal mungkin.(fat/wir)

Keterangan gambar: Wododo Sapto Johanes, Kepala BPKAD Kota Blitar.(ist)

Related posts

Leave a Comment