Survei BPS Kota Kediri: 69,02% Mau Divaksin Karena Kesadaran Pribadi

ADAKITANEWS, Kediri – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri dalam surveinya mencatat, banyak masyarakat di Kota Kediri yang sudah sadar untuk melakukan vaksinasi. Salah satu alasannya adalah sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Kepala BPS Kota Kediri, Lilik Wibawati dalam keterangannya menyampaikan, survei dilakukan terhadap 712 orang warga Kota Kediri terkait perilaku masyarakat Kota Kediri pada masa pandemi.

“Survei kami lakukan pada 13-20 Juli 2021 lalu. SPMPMPC-19 (Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19) ini berusaha memotret perilaku masyarakat usia 17 tahun keatas dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi dan membandingkannya dengan masa sebelum pandemi,” kata Lilik, Rabu (25/08).

Dari hasil survei terkait program vaksinasi, diketahui bahwa dari 712 responden, 81 persen di antaranya telah menjalani vaksinasi, dengan rincian sebanyak 69,02 persen responden mengaku mau divaksin karena kesadaran pribadi sebagai bentuk upaya pencegahan Covid-19.

“Lainnya, ada 27,54 persen yang mau divaksin karena diwajibkan atau diperintahkan oleh pemerintah maupun atasan di tempat mereka bekerja. Dan sisanya, 3,44 persen divaksin karena rekomendasi tenaga kesehatan,” tambah Lilik.

Meski sebagian besar dari responden mengaku telah divaksin, namun ada sebagian yang ternyata belum menerima vaksinasi. Alasannya beragam. Mulai dari sudah terdaftar namun waktunya divaksin, khawatir tentang efek samping vaksinasi, hingga menolak divaksin lantaran tidak percaya dengan efektifitas vaksin.

Dijelaskan Lilik, rincian dari alasan para responden belum divaksin yakni 38,92 persen sudah terjadwal vaksinasi, tetapi belum waktunya divaksin. 21,37 persen di antaranya juga masih mencari lokasi yang menyediakan kuota vaksin, dan 9,16 persen mengaku khawatir tentang efek samping dari vaksinasi.

“Yang tidak percaya dengan efektifitas vaksin ada 3,16 persen. Dan terakhir, yakni 27,48 persen, terkendala karena faktor lain di antaranya kesehatan, hamil, sarana dan prasarana, dan lainnya,” imbuhnya.(kur)


Keterangan gambar: Hasil survei BPS Kota Kediri tentang keikutsertaan warga dalam program vaksinasi.(bpskotakediri)

Related posts

Leave a Comment