Surat Suara Pilkada Tulungagung Sudah Diterima KPU

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sebanyak 868.845 lembar surat suara Pilkada Tulungagung 2018 telah diterima KPU Tulungagung dari percetakan pemenang tender yakni PT Solo Murni Kerten Lawean, Solo, sejak Kamis (17/05) lalu.

Kebutuhan surat suara ini sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 844.818, ditambah 2,5 persen dari jumlah DPT di masing –masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai cadangan, serta surat suara yang disediakan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebanyak 2000 lembar.

“Surat suara untuk Pilkada Tulungagung 2018 telah kami terima sejak sepekan lalu. Sementara jumlah surat suaranya diambil dari jumlah DPT ditambah 2.5 persen untuk cadangan, serta untuk antisipasi jika terjadi pemungutan suara ulang kita siapkan 2.000 lembar. Sehingga didapat jumlah 868.845,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Agus Safei, Rabu (23/05).

Surat suara tersebut kini tersimpan di gudang logistik KPU Tulungagung. Ke-868.845 lembar surat suara itu, dikemas dalam 434 kardus yang setiap kardusnya berisi 2.000 lembar surat suara, ditambah satu kardus berisi pecahan sejumlah 845 lembar.

“Kita jadwalkan besok Kamis (24/05) akan dilakukan penyortiran dan pelipatan,” tambah Agus.

Agus menyampaikan, waktu penyortiran dan pelipatan hanya memerlukan maksimal waktu satu minggu, dengan melibatkan 20 tenaga profesional.

“Saat ini petugas sortir dan lipat masih dalam perjalanan dari Madura menuju ke Tulungagung. Selama proses penyortiran dan pelipatan akan dijaga oleh pihak kepolisian,” pungkas Agus.(bac)

Keterangan gambar : Agus Safei, Komisioner KPU Tulungagung (kiri) saat melakukan penghitungan kiriman surat suara di gudang logistik KPU Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment