SPBU Berbek Ditutup, Penyebab Kebakaran Maut Belum Diketahui

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pasca peristiwa kebakaran hebat yang mengakibatkan satu orang tewas dan empat luka bakar, SPBU di kawasan industri Berbek Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo kini ditutup total, Jumat (09/03). ‎

Sebelumnya untuk kelancaran pihak kepolisian dalam melakukan olah TKP dan proses penyelidikan, area tersebut hanya dipasangi garis polisi sesaat setelah terjadinya kebakaran, Kamis (08/03) kemarin.‎

Namun pada hari ini, bagian depan SPBU tersebut telah ditutup total menggunakan seng setinggi 2 meter. Meski demikian, tampak sejumlah petugas tetap sibuk mengecat pagar dan beberapa sekuriti yang terlihat berjaga di area SPBU.

Ditutupnya area SPBU, menurut Joko Prasetyo, selaku kordinator keamanan PT SIER, adalah upaya untuk keamanan. “Demi keamanan saja,” kata Joko.‎

Di dalam area SPBU, masih terlihat kondisi truk bermuatan tabung gas serta dispenser (mesin pengisian BBM) yang terbakar sebelumnya. Terdapat juga sejumlah barang berharga, termasuk tiga mesin ATM, yakni ATM Bank BNI, Niaga dan Bank Mandiri.

“Ditutup sampai kapan, kami juga belum tahu. Yang pasti penutupan ini demi proses penyidikan yang sedang berlangsung, dan demi keamanan SPBU sendiri,” tambah Joko.

Sementara itu menurut Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji, penutupan SPBU dilakukan untuk memaksimalkan proses penyelidikan dan penyidikan. Dan baru boleh dibuka setelah penyidikan polisi tuntas.

“Sementara SPBU harus ditutup dulu. Nanti kalau semua proses selesai, baru boleh beroperasi kembali,” kata Kombes Pol Himawan saat mendatangi lokasi kebakaran, Jumat (09/03).‎

Sejauh ini, penyebab pasti kebakaran di SPBU milik PT SIER tersebut juga belum bisa dipastikan oleh polisi. Kepolisian Resort Kota Sidoarjo baru berani mengizinkan SPBU beroperasi, namun tetap harus berkoordinasi dengan Pertamina, dan sesuai SOP yang ada.

“Proses penyidikan masih terus berjalan. Olah TKP sudah dilakukan, dan beberapa saksi juga sudah dimintai keterangan oleh penyidik. Termasuk, CCTV yang ada di lokasi kejadian,” terang Kombes Pol Himawan.(sid3)

Keterangan gambar : Seng setinggi 2 meter menutup area SPBU.(ist)

Related posts

Leave a Comment