Serunya Ngaji Jurnalistik Bareng PWI Sidoarjo

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Puluhan siswa yang berasal dari perwakilan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat di Kabupaten Sidoarjo mengikuti kegiatan Ngaji Jurnalistik bareng PWI Sidoarjo, yang digelar di Auditorium SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, dalam rangkaian kegiatan selama bulan Suci Ramadan 2019, Kamis (16/05).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf mengatakan, para siswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 12 sekolah setingkat SMA yang ada di Kabupaten Sidoarjo. “Siswa yang ikut Ngaji Bareng ini adalah pelajar yang biasa menjadi wartawan di sekolah masing-masing,” katanya di sela kegiatan.

Ada beberapa narasumber yang menjadi inspirator dalam kegiatan tersebut. Diantaranya dari Kanwil DJP Jatim II yang memberikan materi tentang pengenalan pajak secara dini kepada siswa. “Kemudian juga ada dari teman-teman media diantaranya dari media cetak, televisi dan juga online, serta dari Bait Kata Library, untuk membantu motivasi para siswa meningkatkan literasi mereka,” katanya.

Semetara itu di tempat yang sama, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, Wigatiningsih mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena bisa meningkatkan literasi kepada siswa. “Sesuai dengan arti penggalan ayat Alquran yakni ‘Iqro’, yang artinya bacalah. Maka, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan,” katanya.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Kabid P2 Humas DJP Jatim II, Nyoman Ayu Ningsih yang mengatakan jika jurnalistik tidak hanya sebatas dunia wartawan saja. “Kami yang ada di bidang pajak juga harus berhubungan dengan jurnalistik, karena harus membuat siaran pers dan juga harus berhubungan dengan media setiap kali ada informasi terbaru dalam bidang perpajakan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Asrofi mengatakan, penulis itu merupakan orang yang cerdas di samping pandai dan pintar. “Era sekarang diubah semuanya menjadi cerdas, seperti pekerjaan seorang guru yang tidak memberitahu materinya secara detil, supaya siswa mencari tahu sendiri, melalui buku internet,” katanya.

Oleh karena itu, kata Asrofi, sangatlah tepat jika siswa bisa mengikuti kegiatan seperti ini, agar bijak dalam menggunakan media sosial dalam rangka menghadapi era 4.0. “Sekali lagi, karya jurnalistik bermanfaat digunakan masyarakat. Belajarlah menulis supaya dibaca banyak orang dan bermanfaat,” katanya.(*/kur)

Keterangan gambar: Ngaji Jurnalistik bareng PWI Sidoarjo di Auditorium SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo.(ist)

Related posts

Leave a Comment