Serbuan Vaksinasi TNI AL Sasar 3.000 Masyarakat Maritim Lamongan

ADAKITANEWS, Lamongan – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut melalui Koarmada II Surabaya melakukan Bakti Sosial dalam rangka serbuan vaksinasi dengan menyasar masyarakat maritim yang berada di Kabupaten Lamongan, Rabu (14/07). Serbuan vaksinasi ini dilakukan di 4 kecamatan yang terbagi menjadi 6 titik.

Pantauan di lapangan, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto, S.H, M.A.P, M.Tr.(Han) bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa tiba di sasaran vaksinasi Pelabuhan Brondong Kabupaten Lamongan dengan menggunakan helicopter. Keduanya langsung disambut Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Abdul Rouf untuk kemudian meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi.

Dalam keterangannya, Laksamana Muda Dr Iwan Isnurwanto menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka percepatan vaksinasi untuk melawan penyebaran Covid 19. “Menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi terkait percepatan vaksinasi Covid 19 di Indonesia, kami dari TNI bersinergi dengan Polri serta Pemerintah Daerah untuk memenuhi target vaksinasi sebanyak 1 juta dosis per hari,” ungkapnya.

Jenderal bintang dua ini juga menjelaskan bahwa target sasaran TNI khususnya Angkatan Laut yakni masyarakat maritim di pesisir pantai dan di pulau-pulau. “Kita berkomitmen berkontribusi siap mendukung tugas-tugas kedepannya, khususnya untuk masyarakat maritim pesisir pantai serta kepulauan yang susah dijangkau. Nantinya kita akan menggunakan kapal untuk menjangkau pulau-pulau tersebut,” ujar lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1988 ini.

Terkait dipilihnya Kabupaten Lamongan sebagai target serbuan Vaksinasi ini. Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto memaparkan bahwa hal itu lantaran Lamongan dinilai memiliki potensi maritim yang memadai bagi masyarakatnya, terutama di sektor perikanan dan wisata bahari.

“Dengan adanya serbuan vaksinasi yang digelar di kawasan pesisir Lamongan ini, diharapkan dapat mengendalikan meluasnya penyebaran virus Covid-19. Sehingga roda perekonomian masyarakat maritim Lamongan dapat terus berputar, karena imunitas tubuh masyarakat telah terjaga oleh vaksin,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa yang turut hadir pada acara tersebut juga menyampaikan target vaksinasi untuk Provinsi Jawa Timur yakni 70 persen untuk mencapai herd immunity. “Kita mengejar 70 persen penduduk Jawa Timur tuntas divaksinasi dalam waktu dekat untuk mencapai herd immunity. Oleh karena itu kita Pemerintah Daerah harus bersinergi dengan TNI dan Polri bersatu padu memadukan gerak langkah untuk melakukan percepatan vaksinasi,” ungkap Khofifah.

Khofifah juga mengingatkan kepada Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang akrab disapa Bupati YES terkait vaksinasi anak usia SMP dan SMA agar segera dilaksanakan. “Kepada Bupati Lamongan titip anak-anak SMP dan SMA yang akan dilakukan vaksinasi serta emberian dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan. Para lansia juga agar segera dilakukan percepatan,” pintanya.

Terkait ketersediaan oksigen di Jawa Timur, mantan Menteri Sosial ini mengatakan bahwa stoknya masih mencukupi. Hanya saja saat ini permintaannya meningkat dan pendistribusiannya terbatas armada dan tenaga. “Oleh karena itu diperlukan koordinasi antara rumah sakit dan forpimda agar dapat dikondisikan armada dan tenaga pendistribusian kebutuhan oksigennya supaya pemenuhan oksigen tidak terkendala,” harap Khofifah.

Untuk diketahui, keenam titik lokasi pelaksanaan serbuan vaksin ini diantaranya di Pendopo Kecamatan Karanggeneng dengan target 500 orang, Pendopo Kecamatan Laren dengan target 500 orang, dan 2 tempat di Kecamatan Brondong meliputi Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong (PPN Brondong) dengan target 600 orang dan Kantor Desa Sedayu Lawas dengan target 400 orang.

Kemudian di Kecamatan Paciran yang bertempat Kantor Desa Kemantren dengan target 700 orang dan Pondok Pesantren Maslahul Huda Paciran dengan target 300 orang.

Vaksinator di semua titik tersebut dilakukan oleh Tim Tenaga Kesehatan Diskes Koarmada II dan Tenaga Kesehatan Dinas Kesehatan Lamongan. TNI AL melibatkan 50 vaksinator, yang terdiri dari Stikes Hang Tuah Surabaya 30 personel, Diskes Koarmada II 17 personel, dan Lakesia TNI AL 3 personel. Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan juga menerjunkan 60 personel vaksinator, sehingga total ada 110 vaksinator dalam kegiatan ini.

Selain vaksinasi, dalam kesempatan ini Koarmada II TNI AL Surabaya juga memberikan bantuan alat kesehatan berupa APD sebanyak 2.500 Pcs, Masker medis 200.000 Pcs, dan alat SWAB Antigen sejumlah 2.500 set dari Provinsi Jawa Timur untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.(prap/kur)



Keterangan gambar: Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Dr Iwan Isnurwanto, S.H, M.A.P, M.Tr. (Han) bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wakil Bupati Abdul Rouf saat meninjau pelaksanaan serbuan vaksiniasi.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment