Sepi Penumpang, MPU di Kota Blitar Jadi Angkutan Sekolah

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar telah memberdayakan sejumlah Mobil Pengangkut Umum (MPU) untuk angkutan sekolah. Sepinya penumpang MPU, menjadi alasan Pemkot Blitar memberdayakannya.

“Jadi memang kita akui peningkatan kepemilikan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, berimbas pada volume penumpang MPU di Kota Blitar. Makanya kita berdayakan sebagai sarana angkutan sekolah,” kata Priyo Suhartono, Kepala Dinas Perhubungan Kota Blitar, Kamis (17/01).

Priyo menegaskan, pemberdayaan ini dilakukan juga agar MPU di Kota Blitar tetap beroperasi. Sampai saat ini, setidaknya ada 13 unit MPU yang dimanfaatkan untuk mengangkut anak sekolah. Sementara jumlah total MPU yang ada di Kota Blitar sekitar 20 unit.

“Total ada 13 unit yang kami berdayakan. Mereka kami beri subsidi BBM,” ujarnya.

Selain itu, tanbah Priyo, yang menjadi pertimbangan lainnya, yakni kondisi bus sekolah yang sekarang sudah tidak bisa menampung para pelajar di Kota Blitar. Dari tujuh bus sekolah yang dimiliki, itu dinilai tidak cukup.

“Bus sekolah yang beroperasi kan rata-rata kami khususkan untuk anak SLB (Sekolah Luar Biasa). Jadi kita berdayakan MPU dengan harapan bisa menampung pelajar di Kota Blitar,” paparnya.

Priyo menambahkan, kebijakan dari Pemkot Blitar tersebut kurang lebih sudah berjalan satu tahun. Terlebih sejak berkembangnya angkutan online, kini banyak masyarakat sudah berpaling dari angkutan konvensional. Sehingga angkot maupun MPU kini dinilai semakin sepi penumpang.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment