Sempat Terkendala Lelang, Pembangunan Pasar Kanigoro Blitar Akhirnya Dimulai

ADAKITANEWS, Blitar – Pembangunan Pasar Kanigoro di lapangan Lingkungan Sawahan Kelurahan Satreyan Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar akhirnya dimulai, Selasa (28/08). Kontraktor pelaksana pembangunan ini, akhirnya dimenangkan oleh PT Sarana Multi Usaha – PT Sarana Dwi Makmur (KSO) dengan nilai kontrak mencapai Rp 5.815.842.000.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susanto menuturkan, anggaran pembangunan Pasar Kanigoro ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar tahun anggaran 2018.

Dijelaskannya, Pasar Kanigoro ini dibangun diatas tanah milik Pemkab Blitar dengan luas tanah 19.913 meter persegi. Sedangkan tanah yang diperlukan untuk membangun, adalah 12.780 meter persegi dengan bangunan utama seluas 3.358 meter persegi dalam bentuk kios dan los.

“Alhamdulillah pembangunan pasar bisa kita mulai. Setelah sebelumnya sempat terkendala teknis, sehingga harus dilakukan lelang sebanyak 2 kali. Untuk waktu pembangunan pasar bakal dilakukan selama 125 hari kedepan. Jadi kita yakin sebelum akhir tahun, pedagang Pasar Kanigoro bisa direlokasi dari Pasar Kanigoro lama,” kata Puguh, Selasa (28/08).

Pembangunan Pasar Kanigoro ini, lanjut Puguh, bertujuan untuk mewujudkan tata ruang ibu kota Kabupaten Blitar yang memadai, serta memberikan tempat yang representatif dan nyaman bagi pedagang dan masyarakat dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari.

“Untuk tahun ini membangun gedung, sementara tahun depan kita rencanakan membangun pagar dan paving, termasuk bangunan pendukung seperti musala, tempat parkir maupun toilet,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM mengatakan, pasar merupakan sentral ekonomi masyarakat. Kebutuhan adanya pasar yang representatif akan menjadi motor penggerak ekonomi di tingkat desa, kecamatan, maupun Kabupaten. Selain itu juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung revitalisasi ekonomi, yaitu meningkatkan daya saing dan omzet, serta menjaga stok agar kestabilan harga barang kebutuhan pokok dapat memberikan efek ganda di sektor produksi.

“Tentunya pembangunan Pasar Kanigoro ini bertujuan untuk menunjang peningkatan perekonomian masyarakat. Kita ingin menciptakan kondisi pasar yang nyaman sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli. Dimana keduanya harus berinteraksi dengan nyaman. Maka caranya dengan memperbaiki infrastruktur pasar, kebersihan pasara agar tidak becek dan tidak berbau,” tandasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Peletakan batu pertama pembangunan pasar kanigoro Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment