Selama Imunisasi MR, Ada 502 KIPI di Blitar

ADAKITANEWS, Blitar – Pencapaian riil imunisasi Measles Rubella (MR) di Kabupaten Blitar mencapai 99,31 persen. Sedangkan capaian secara proyeksi, mencapai sekitar 104,87 persen dimana angka ini sudah jauh melampaui target yang sudah ditentukan Pemerintah Pusat yakni sekitar 95 persen.

Dari total target sasaran 253.536 anak, ada beberapa anak yang tidak melakukan imunisasi MR dikarenakan memiliki keyakinan tersendiri dan menolak melakukan imunisasi. Meski demikian, selama imunisasi MR ini ternyata juga ada 502 Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blitar, Krisna Yekti menjelaskan, pelaksanaan imunisasi MR di Kabupaten Blitar sudah selesai sejak senin (02/10). Pihaknya pun mencatat ada 502 kejadian ikutan pasca imunisasi MR di Kabupaten Blitar.

“Dari 502 data yang ada, terdiri dari anak yang mengalami demam sebanyak 339 anak, mual dan muntah ada 150 anak, batuk pilek ada 151 anak, diare ada 57 anak, gatal dan timbul bercak di tubuh ada 57 anak, pusing ada 66 anak, kejang ada 13 anak, dan sesak nafas ada 6 anak,” jelas Krisna, Rabu (04/10).

Menurut Krisna, kini semua anak yang mengalami KIPI itu sudah dipastikan kondisinya sembuh dan sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. Meskipun sebelumnya ada beberapa yang harus menjalani perawatan di rumah sakit. “Alhamdulillah meskipun sempat ada yang dirawat di rumah sakit, semua anak yang mengalami KIPI ini sudah sembuh dan pulang ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

Bagi anak yang sebelumnya mengalami KIPI, lanjut Krisna, sepenuhnya untuk biaya pengobatan dibiayai oleh Pemerintah. Sehingga orang tua tidak dipungut biaya sedikit pun. “Untuk biaya yang mengalami KIPI sepenuhnya kita yang menanggungnya,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Krisna Yekti, Kabid Pencegahan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment