Selain Lestarikan Budaya, Tradisi Siraman Gong Kyai Pradah juga Dinilai Dapat Berdayakan Ekonomi

ADAKITANEWS, Blitar – Satu diantara event budaya yang sudah menjadi tradisi turun-temurun di Kabupaten Blitar adalah Siraman Pusaka Gong Kyai Pradah yang tertelak di Lodoyo Sutojayan. Event ini berlangsung setiap tahun dan dilaksanakan setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, event ini selalu dikemas dengan baik. Ada ratusan penjual UKM di sekitar Alun-alun Lodoyo yang sengaja dilibatkan untuk memeriahkan acara dengan menggelar produk kreatif mereka. Selain itu, sebelum acara dimulai, juga banyak dipertunjukkan beberapa kesenian atau budaya daerah.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto mengatakan, Siraman Gong Kyai Pradah ini merupakan acara tradisional setiap bulan maulid. Masyarakat Kabupaten Blitar, khususnya warga Lodoyo rutin mengadakan tradisi ini. “Tradisi ini sudah turun temurun, pemerintah mengakui kegiatan ini terselenggara dengan baik dan mendapatkan penghargaan Warisan Budaya Tak Benda,” jelas Bupati usai melakukan tradisi Siraman Gong Kyai Pradah, Kamis (22/11).

Selain melestarikan budaya, lanjut Bupati, acara ini juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat.

“Kita tentu mendukung kegiatan ini dan berharap tradisi Siraman Gong Kyai Pradah ini terus ada untuk dilestarikan ke anak turun-temurun, karena kegiatan ini sangat baik dan positif,” harapnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana acara Siraman Gong Kyai Pradah.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment