Sehari, Ada 50 Bacaleg yang Ikut Tes Kejiwaan

ADAKITANEWS, Tulungagung – Ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) di Kabupaten Tulungagung telah melakukan tes psikologi di RSUD dr. Iskak, Tulungagung. Tes tersebut merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh bacaleg saat pendaftaran caleg.

“Sudah sekitar seminggu, pelaksanaan tes psikologi untuk bacaleg dilakukan. Dalam sehari ada 50 sampai 60 bacaleg,” kata Humas RSUD dr. Iskak Tulungagung, Mohammad Rifai, Jumat (13/07).

Sampai saat ini jumlah yang telah menjalani tes psikologi sudah lebih dari 300 bacaleg. “Itu yang terdata, ada sekitar 300-an. Sebab ada juga yang sudah dijadwalkan namun belum jelas kapan kedatangannya,” katanya.

Pelaksanaan tes para bacaleg dari berbagai partai politik tersebut dilakukan secara bertahap. Mereka harus mengikuti serangkaian tes, baik tes tulis maupun wawancara yang ditangani oleh psikiater dan dokter yang memiliki spesialis kejiwaan.

Lanjut Rifai, para peserta ujian kejiwaan diharuskan menjawab soal psikotes yang berjumlah lebih dari 500 soal dalam waktu dua jam. “Tes ini berbeda dengan psikotes untuk kebutuhan kerja. Melalui pertanyaan yang berulang dan diacak, tes psikologi ini diproyeksikan untuk bisa mendeteksi ada/tidaknya potensi gangguan kejiwaan pada bacaleg bersangkutan.” ujar Rifai.

Selain psikotes yang merupakan indikator dari kesehatan rohani, bacaleg juga melakoni serangkaian tes kesehatan jasmani. Tes itu meliputi General Check up (GCU), serta tes bebas dari narkoba.

Rifai, menambahkan seluruh hasil tes tersebut akan langsung disampaikan pada bacaleg yang bersangkutan. “Hasil tes ini sepenuhnya milik pasien (bacaleg-red), jadi langsung disampaikan kepada masing-masing bacaleg. Pihak RSUD dr. Iskak menjamin kerahasiaan hasilnya,” pungkas Rifai.(bac)

Keterangan gambar : Bacaleg sedang menjalani tes psikologi di RSUD dr. Iskak Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment