Satu Kursi Komisioner KPU Tulungagung Masih Kosong

ADAKITANEWS, Tulungagung – Sejumlah anggota Komisi Pemilihamum (KPU) Kota/Kabupaten di JawaTimur dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Kamis (23/08). Pelantikan anggota KPU dalam Penggantian Antar Waktu (PAW) tersebut dilakukan Ketua KPU Provinsi Jatim, Eko Sasmito di Surabaya.

Kota/Kabupaten yang mengalami PAW itu diantaranya KPU Kota Surabaya, KPU Kabupaten Ponorogo dan KPU Kabupaten Tulungagung. Terkait PAW anggota KPU Tulungagung, Ketua KPU Tulungagung, Suprihno menyatakan bahwa penggatian tersebut didasarkan pada peringkat saat penjaringan.

Pada gelombang pertama ini, Mustofa dilantik terlebih dahulu karena dia menempati peringkat teratas, selain berkas administrasi sudah lengkap.

“Sesuai aturan ada beberapa nama. Itu berdasarkan peringkat di bawah lima orang komisioner yang ada sebelumnya. Mereka adalah Mustofa, Muhamad Nafik, Fadiq, M Khoirul Anam dan Sodik Purnomo,” kata Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, Kamis (23/08).

Lanjut Suprihno, selanjutnya untuk Mustofa nanti langsung menyesuaikan terkait tugas-tugasnya yang kini tengah berlangsung Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Mustofa tersebut akan menempati sebagai Koordinator Divisi Teknis. Divisi ini sebelumnya dijabat oleh Mohammad Fatah Masrun yang mengundurkan diri karena mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif 2019.

“Pak Mustofa akan menggantikan posisinya pak Fatah, sebagai divisi teknis,” ujar Suprihno.

Di KPU Tulungagung sebenarnya mengalami kekosongan dua peraonel komisioner. Karena selain Mohammad Fatah Masrun, komisioner lainnya yaitu Suyitno Arman juga telah mengundurkan diri, kerena dia telah resmi sebagai angota Bawaslu Kabupaten Tulungagung.

Menanggapi pengganti Suyitno Arman ini, Suprihno menyampailan bahwa saat ini masih dilakukan verifikasi terhadap calon penggantinya. (bac)

Keterangan gambar : Pelantikan Anggota KPU Kota/Kabupaten oleh KPU Jatim (ist)

Related posts

Leave a Comment