Satu Kuintal Sambel Pecel Dari Blitar, Dikirim ke Lombok NTB

ADAKITANEWS, Blitar – Sebanyak satu kuintal sambel pecel, dimasak secara gotong-royong oleh anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Blitar.

Sampel pecel tersebut, rencananya akan diberikan untuk korban gempa bumi di Lombok, NTB. Dan logistik sambal ini, nantinya dikirimkan Tagana melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur.

“Kebanyakan memang hanya berupa mie instan yang dikirim ke lokasi bencana. Kasihan kalau setiap hari bosen. Nah, ini supaya para korban gempa tidak merasa bosan,” kata M Safinun, Koordinator Tagana Kabupaten Blitar, Kamis (09/08).

Satu kuintal sambel pecel yang dikirimkan ke Lombok tersebut dibungkus dalam tujuh kardus.

Untuk proses pembuatan hingga proses packingnya sendiri, dibutuhkan waktu 24 jam. Sementara bahan yang digunakan untuk membuat satu kuintal pecel, didapat dari hasil patungan para anggota. Ini termasuk proses pengolahan yang dilakukan di dapur umum Dinas Sosial Kabupaten Blitar.

“Kami beli sendiri, olah sendiri. Kemudian kita packing dan dikirim ke (Dinas Sosial) Provinsi,” papar Safi.

Ia berharap, bantuan logistik sambel pecel juga dapat mengenalkan masyarakat Lombok tentang Blitar. Selain itu, pecel bisa menjadi makanan alternatif selain mie instan.

“Ya pecel kan juga termasuk makanan yang awet dan dapat disimpan dalam waktu lama. Jadi bisa sebagai alternatif selain mie instan,” imbuhnya.(fat)

Keterangan gambar: Proses pembuatan sambel pecel oleh Tagana.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment