Rukyatul Hilal di Blitar Dipusatkan di Bukit Banjarsari Wonotirto

ADAKITANEWS, Blitar – Penentuan awal bulan Ramadan 1440 H di Kabupaten Blitar dilakukan dengan pemantauan hilal oleh Kementerian Agama Kabupaten Blitar dan dipusatkan di bukit Banjarasari Wonotirto.

“Kita nanti bersama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar beserta dengan ormas Islam akan melakukan pemantauan hilal ke bukit Banjarsari pada Minggu (05/05). Ini pertama kali kita lakukan disana, dimana sebelumnya kita lakukan di Pantai Serang,” kata Jamil Mashadi, Humas Kementrian Agama Kabupaten Blitar, Kamis (02/05).

Jamil menjelaskan, lokasi pemantauan hilal di Bukit Banjarsari telah disetujui dan ditetapkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, sehingga menjadi salah satu lokasi yang terdaftar secara resmi.

“Berdasarkan prediksi dan penghitungan sementara, diperkirakan nanti hilal akan terlihat saat pemantauan di lakukan di Bukit Banjarsari. Nah, kira-kira nanti pelaksanaan awal puasa atau Ramadan 1440 H akan berlangsung secara bersamaan,” jelasnya.

Meskipun begitu, lanjut Jamil, untuk penentuan awal Ramadan harus menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan pada hari yang sama.

Jamil menambahkan, beberapa ormas Islam yang lain juga akan melakukan pemantauan hilal untuk penentuan awal Ramadan 1440 H di lokasi lain, seperti Pantai Serang, di kawasan Srengat, Doko, dan Wonotirto.

“Kalau di Kabupaten Blitar hanya ada dua lokasi yang sudah terdaftar resmi, yakni Pantai Serang dan Bukit Banjarsari Kecamatan Wonotirto,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Jamil Mashadi, Humas Kemenag Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment