Ratusan GTT Ikuti Tes Berbasis IT

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Ratusan guru yang sudah bertahun-tahun mengajar di Sekolah Menengah Pertama di Sidoarjo mengikuti tes berbasis komputer (IT) yang diselenggarakan di gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sidoarjo, Selasa (25/09).

Tes tersebut dilakukan untuk menjaring guru-guru yang profesional serta untuk memenuhi kebutuhan tenaga pelajar di tingkat SMP Negeri di luar Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kepala Bidang Kepegawaian Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Mulyono mengatakan, ad sebanyak 293 Guru Tidak Tetap (GTT) yang mengikuti tes tersebut.

Selain, GTT Dispendik Sidoarjo juga memberikan persyaratan kepada Pegawai Tidak Tetap (PTT). Namun, wajib mengikuti tes sesuai mata pelajaran yang berlaku di sekolah agar mereka mendapat pengakuan dan mendapat tunjangan dari pemerintahan daerah. Dan untuk bisa lolos, para peserta harus mendapat nilai 60 keatas.

“Tes berbasis komputer hari ini, mereka diberikan waktu selama 50 menit untuk mengerjakan soal-soal sesuai bidang mata pelajaran yang berlaku. Perolehan nilai bisa dilihat langsung setelah selesai mengerjakan,” terangnya kepada Tim Adakitanews disela tes.

Mulyono menambahkan, untuk memenuhi pegawai atau tenaga di setiap Sekolah Dasar (SD) dan SMP dari GTT, sudah diatur dalam peraturan Bupati nomor 32 tahun 2018. Karena pada tahun 2018, tenaga guru tercatat banyak berkurang karena pensiun.

“Selain semua itu juga jatah penerimaan CPNS tahun ini hanya 24 CPNS khusus guru sekolah SD dan SMP. Sedangkan paling banyak tenaga guru untuk SMA,” tutur Mulyono.

Setelah dinyatakan lulus, kata Mulyon, selanjutnya mereka akan mendapatkan honor dari pemerintah daerah dan tambah honor dari sekolah masing-masing. “Nantinya honor yang dari sekolah diambilkan dari dana BOS sekolah masing-masing,” kata Mulyono.(sid3)

Keterangan gambar : Ratusan guru tidak tetap saat mengikuti tes di gedung BKD kabupaten Sidoarjo.(foto: andri santoso)

Related posts

Leave a Comment