Raperda Usaha Tempat Kos di Blitar Ditetapkan

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Persetujuan dan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Usaha Tempat Kos di Kota Blitar telah dilaksanakan dalam Rapat Paripurna, Kamis (06/09) pagi. Penetapan itu ditandai dengan penandatanganan antara Pimpinan DPRD dengan Wakil Walikota Blitar.

Ditemui usai Rapat Paripurna, Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiharto mengatakan, dengan dinamika pertumbuhan di Kota Blitar saat ini tentu memerlukan adanya aturan yang mengatur tentang tempat kos. Karena dengan masuknya kaum pendatang seperti pelajar, pedagang, ataupun pengusaha lain yang memerlukan hunian di Kota Blitar, sehingga dipastikan keberadaan tempat kos di Kota Blitar akan tumbuh subur.

“Dengan adanya pertumbuhan di Kota Blitar saat ini, tentunya banyak kaum urban yang masuk di Kota Blitar. Mereka pastinya perlu tempat hunian, dan alternatifnya adalah tempat kos. Makanya diatur Perda tentang penyelenggaraan tempat kos ini agar ada aturan yang jelas,” jelas Totok.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini menegaskan, setelah Perda ini selanjutnya kurun waktu 6 bulan akan diterbitkan Perwali untuk menerapkan Perda tersebut. Sehingga selama setahun kedepan, pemilik kos yang belum memenuhi persyaratan sesuai di Perda, bisa melengkapinya terlebih dahulu.

“Jadi kita tentunya akan sosialisasikan Perda ini. Sehingga saat Perda ini diterapkan, para pemilik tempat kos diharapkan sudah memenuhi persyaratan yang ada di Perda,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Blitar Santoso menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi terbentuknya Perda tentang penyelenggaraan tempat kos. Karena dengan perkembangan yang ada banyak masyarakat yang mulai mencari peruntungan dengan membuka usaha tempat kos.

“Tentunya dengan adanya Perda tersebut, nantinya bisnis tempat kos ini tidak semata-mata mencari keuntungan tetapi juga memperhatikan norma agama dan sosial. Sehingga tidak merugikan lingkungan sekitar,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam Rapat Paripurna persetujuan dan penetapan Raperda tentang penyelenggaraan usaha tempat kos, juga dalam rangka penyampaian Walikota Blitar terhadap nota keuangan Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2019.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana penetapan Raperda tentang penyelenggaraan usaha tempat kos.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment