Puluhan Wartawan Gelar Aksi Solidaritas, Tolak Kekerasan Terhadap Jurnalis

ADAKITANEWS, Kediri – Puluhan wartawan yang tergabung dalam 3 organisasi profesi, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kediri, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri, dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kediri, mengelar aksi solidaritas terkait kekerasan yang terjadi pada wartawan Majalah Tempo di Surabaya.

Aksi yang digelar di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Joyoboyo Kota Kediri tersebut, memberikan seruan kecaman atas kekerasan yang menimpa Nurhadi, jurnalis Majalah Tempo pada Sabtu (27/03) lalu.

Ketua PWI Kediri, Bambang Iswahyoedhi menuturkan, pihaknya mengecam dengan keras aksi premanisme yang dialami oleh jurnalis di Surabaya saat menjalani tugas peliputan. “Kami dari PWI Kediri, bersama rekan-rekan lain yakni AJI dan IJTI, mengutuk keras aksi kekerasan tersebut. Kami meminta aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kasus tersebut, dan menghukum pelakunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegas Bambang.

Dalam aksi solidaritas itu, puluhan wartawan se-Kota dan Kabupaten Kediri juga menggelar doa bersama untuk seluruh wartawan, agar aksi serupa tidak lagi terulang.


Doa bersama tersebut, diikuti dengan prosesi tabur bunga di atas alat kerja dan IDCard pers masing-masing wartawan.(kur)


Keterangan gambar: Aksi solidaritas wartawan Kediri, mengecam tindak kekerasan terhadap jurnalis Tempo di Surabaya.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment